October 14, 2024
Seni Budaya

Keluarga Besar I Wayan Dapet Tanaya Gelar Upacara Mlaspas lan Rsigana

Karangasem-kabarbalihits

Keluarga besar Sira Arya Gajah Para Betara Sira Arya Getas di Banjar Kaler, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, tepatnya keluarga I Wayan Dapet Tanaya melaksanakan karya Mlaspas, Rsigana dan Ngenteg Linggih dirangkaikan dengan upacara tiga bulanan, kamis (14/1).

Dengan upacara ini terjadi proses pembersihan, seperti kayu dan bahan bangunan lainnya. Panglingsir Dadia Gajah Para, I Ketut Suadnyana, S.Pd., M.Si mengatakan, selain upacara pembersihan juga dilaksanakan ucapan terima kasih kepada begawan Siwa Karma, yakni proses pembersihan serta ucapan terima kasih kepada Durga, sehingga bangunan tersebut sudah bisa ditempati sebagai stana Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa. 

“Upacara Rsigana kali ini juga merupakan proses pembersihan yang dasarnya adalah Caru Panca Sata dengan puja yang luar biasa untuk memasuki tempat baru sehingga tempat tersebut sudah suci dan bisa dipergunakan sebagai tempat tinggal,” ucap Suadnyana yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Hadiri Pembukaan KKP Polres Badung

Karya dipuput oleh Ida Pedanda Gede Wayan Tianyar dari Griya Sidemen sekaligus sebagai Yajamana Karya yang memberikan petunjuk terkait upacara yang dilaksanakan.(kbh2).

 

Related Posts