October 27, 2024
Daerah

Apresiasi Netralitas Bupati Badung Dalam Pilkel Serentak, Ini Kata Putu Parwata

Badung – kabarbalihits

Pimpinan DPRD Badung memberikan apresiasi sikap netral yang telah disampaikan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam Perhelatan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Badung 7 Februari mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Badung,I Putu Parwata di Gedung Dewan Selasa(12/2021).

Putu Parwata menjelaskan pada bulan Januari sampai Februari  tahun 2021sesuai kalender kerja di DPRD badung, salah satu agenda kerjanya adalah melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa atau Perbekel Serentak di Kabupaten Badung.

“Seperti kita ketahui bahwa di Badung ini akan  pemilihan kepala Desa se Kabupaten Badung sejumlah 110 Desa.Dengan demikian beberapa calon kepala desa sudah menyiapkan program maupun visi misi melalui kampanyenya jika nantinya dipercaya masyrakat menjabat menjadi kepala desa,”ujarnya sembari mengatakan Dinas PMD juga telah memberikan waktu tiga hari bagi calon kepala desa untuk menyampaikan visi misi serta progrm kerjanya dalam masa kampanye.

Lebih lanjut Putu Parwata yang didampingi Wakil Ketua DPRD  Badung I Wayan Suyasa dan Made Sunarta menyatakan selaku Pimpinan DPRD Badung memberikan atensi khusus terhadap pelaksanaan Pilkel Serentak ini. Sehingga jangan sampai Pilkel ini mengundang hal-hal tidak bagus atau yang tidak diinginkan.

“Kami mengimbau kepala desa yang mengikuti Pilkel agar melakukan penyampaian visi misi maupun program secara positif tidak memprovokasi, tidak menakut-nakuti masyarakat karena kita tahu kecerdasan daripada masyarakat kabupaten Badung sudah diatas rata-rata,hal ini terbukti pada pemilihan Bupati lalu masyarakat secara rasional menentukan sikapnya, 94,6 persen mereka bisa memilih mana yang pantas mana yang layak,”bebernya.

Putu Parwata memohon kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih agat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkel secara baik, tenang, tidak takut terintervensi.

Baca Juga :  Bupati Terima Entry Meeting BPK RI Perwakilan Bali

“Jadi masyarakat dapat dengan bebas menggunakan hak pilihnya,tidak ada lagi tekanan-tekanan dari manapun juga.Seluruh masyarakat dapat melihat program visi misi dan tujuan yang disampaikan Calon Kepala Desa,”harapnya.

Politisi PDI Perjuangan asal Desa Dalung Kuta Utara ini juga mengatakan pemerintahan Kabupaten Badung Pimpinan DPRD bersama Bupati sudah sepakat meletakan pondasi demokrasi yang baik.

“Demokrasi terbuka ,melihat apa yang patut mana yang tidak patut, mana bagus, mana yang haris dijalankankita  berikan hak demokrasi itu kepada seluruh masyaakat Kabupaten Badung,”tegasnya.

Berdasarkan pemantauan yang telah dilakukan dari 110 Desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala desa semuanya sudah terlihat  kesiapannya.

Secara khusus Pimpinan DPRD Badung menurut P-P sapaan akrab Putu Parwata memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang tidak melakukan intervensi apapun kepada seluruh masyarakat dan tidak ada keberpihakan Bupati Badung kepada semua calon kepala desa yang ada di masing -masing desa.

“Ini adalah hal yang luar biasa, Bupati menunjukan netralitasnya sangat tinggi dan memberikan kebebasan untuk demokrasi ini tumbuh berkembang dengan baik.Sehingga dengan demikian Bupati sadar betul bahwa pemerintahan Desa sangat penting artinya kedepan dikawal oleh pemimpin-pemimpin yang memiliki integritas tinggi, karena majunya daerah bersumber dari  majunya desa,”tandasnya. (kbh6)

Related Posts