March 8, 2021
Nasional

Kompak! Jakarta, Tanggerang, Jawa Barat hingga Sulawesi Selatan suarakan Bebaskan Jrx SID

Nusantara-kabarbalihits

Meski beberapa hari lalu pembrangusan baliho-baliho dukungan terhadap JRX terus terjadi, namun solidaritas masyarakat dan komunitas yang memberikan dukungannya kepada I Gede Ari Astina alias JRX terus bermunculan. Banyak masyarakat yang bersolidaritas terkait kasus yang menimpanya. Ada yang mendirikan baliho, ada yang menduplikasi kegiatan berbagi pangan seperti apa yang kerap dilakukan JRX di Twice Bar hingga ada yang turun kejalan untuk menyatakan solidaritasnya terhadap JRX Superman Is Dead beberapa waktu lalu di Kota Tua Tangerang Jakarta.

Kali ini 2 September 2020 Pemuda Tomoni Timur menyuarakan Solidaritasnya kepada JRX mendirikan baliho berukuran 3×4 meter. Baliho didirikan di Desa Margomulyo, Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan pada pukul 13.00 siang. Koordinator pemasangan, Seng Adi Putu Adi Wiguna menjelaskan bahwa alasan dirinya bersama pemuda Tomoni Timur mendirikan baliho dukungan terhadap JRX adalah sebagai bentuk kekecewaannya terhadap penegakan hukum di Indonesia. “Kami Sangat menyayangkan kebebasan berpendat harus berujung jeruji besi, terutama dalam kasus JRX. Padahal kan jelas, yang namanya kebebasan berkumpul, berekspresi dan mengeluarkan pendapat di atur dalam undang-undang dan dijamin oleh konstitusi”, tungkasnya.

Sebelumnya, 30 kelompok masyarakat nampak berkumpul di Museum Kota Tua Jakarta pada minggu (30/8) untuk bersolidaritas dan memberi dukungan pada JRX SID yang statusnya saat ini menjadi tahanan Kejaksaan Tinggi Bali.

Mereka adalah gabungan dari Outsider rantau Kota Tua, Outsider Tangerang , Outsider Pejuang Waktu, Outsider Bogor, Outsider Cimahi, Outsider Indramayu, Outsider Plered dan Kamtis Kabupaten Tangerang.

Nampak mereka melakukan kegiatan bagi-bagi nasi gratis kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar Museum Kota Tua. Setelah berbagi nasi gratis, kegiatan dilanjutkan dengan berjalan disekeling Museum Kota Tua dengan membentangkan spanduk bertuliskan tagar #BebaskanJRXSID.

Salah seorang peserta aksi yang tidak mau disebutkan namanya menjelaskan bahwa aksi yang mereka lakukan selain memberikan dukungan kepada JRX SID agar senantiasa kuat menjalani proses hukum juga meminta agar Kejaksaan Tinggi Bali memberikan penangguhan tahanan pada JRX SID. “Selayaknya kejaksaan memberikan penangguhan penahanan kepada bli JRX, selama ini ia kooperatif menjalani proses hukum dan sempat berujar bahwa ia siap bertarung di pengadilan”, ucapnya.

Disisi lain di waktu yang bersaaman Komunitas Outsider Cirebon juga bersolidaritas yang ditujukan kepada JRX dengan mendirikan baliho #BebaskanJRXSID. Baliho berukuran 2×3 meter ini didirikan di Jalan utama Desa Tegalgubug Lor Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Rahmat Hidayat selaku pemuda yang menginisiasi pemasangan baliho tersebut mengungkapkan alasannya ketika mendirikan baliho ini. Ia mengatakan bahwa “Baliho ini kami dirikan untuk mensupport JRX yang sedang menjalani proses hukum, kami berharap agar ia tetap kuat dan selalu sehat”, ungkapnya.(r)

Related Posts