July 24, 2024
Sosial

Made Wardana “Dek War” Fasilitasi bagi sembako di Desa Belega

Gianyar-kabarbalihits

Tokoh Masyarakat Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, yang juga Anggota DPRD Gianyar dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Wardana dengan sukarela membagikan Sembako kepada ratusan warga Desa Belega. Melalui PDI Perjuangan Ranting Belega, bagi-bagi sembako di  saat Pandemi Covid 19 kepada krama Desa Adat Belega tetap dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19, seperti mencuci tangan, jaga jarak serta menggunakan masker. Sembako berupa 5 kilogram beras, 1 kilogram bawang merah, 1 liter minyak goreng, 1 kilogram jeruk serta sayur mayur. Bagi-bagi sembako kali ini diberikan kepada 4 Banjar, yakni Krama Banjar Kebon Kaja, Krama Banjar kebon Kelod, Krama Banjar Belega Kanginam serta Krama Banjar Jasri. 

Turut hadir dalam bagi sembako kali ini anggota DPRD Gianyar dari Fraksi PDI Perjuangan, pengurus PAC, Bendesa Adat Belega, Klian adat dan struktur partai PDI Perjuangan ranting Belega. 

Anggota DPRD Gianyar yang mensuport kegiatan ini, Made Wardana mengatakan, total sembako yang dibagikan kali ini sebanyak 610 paket. Namun demikian, menurut Dewan yang akrab disapa Dek War ini setidaknya seribu Sembako disediakan saat bagi sembako kali ini.

“Kami ikut berpartisipasi dalam menangani di tengah wabah Covid 19, dimana banyak masyarakat yang terbebani hidupnya akibat pandemi Covid 19. Selain itu banyak pengangguran serta banyak petani yang menghasilkan hasil pertaniannya tapi tidak bisa tersalurkan karena banyak hotel dan restoran yang masih belum beroperasi, serta perdagangan di pasar semakin menurun sehingga banyak hasil pertanian yang terbuang percuma”, ucapnya.

Bagi-bagi sembako ini juga memanfaatkan hasil pertanian masyarakat lokal, sehingga para petani dan pedagang bisa tetap memutar perekonomiannya, khususnya di desa Belega dan di Kabupaten Gianyar pada umumnya. Seperti jeruk misalnya dibeli di Kecamatan Payangan, sayuran merupakan hasil pertanian di Tegalalang, beras merupakan produk dari Kecamatan Sukawati, serta bawang merupakan bawang lokal sehingga kegiatan ini tidak hanya meringankan beban masyarakat yang kehilangan pekerjaan namun juga mampu lebih menghidupkan perekonomian dalam bidang pertanian dan perdagangan di Kabupaten Gianyar. 

Baca Juga :  Dengarkan Jeritan Ibu Rumah Tangga Akibat Beras Mahal, Prof. Wisnumurti Sampaikan Pandangan Berdasarkan Keilmuan

Bendesa Adat Belega, Ida Bagus Made Sujana sangat mengapresiasi gebrakan salah satu tokoh Desa Belega yang saat ini duduk di DPRD Kabupaten Gianyar dari Fraksi PDI Perjuangan karena telah mampu meringankan beban masyarakat sekitar dengan kegiatan bagi sembako ini. Diakuinya kiprah Made Wardana hingga saat ini tetap melekat karena selalu memperhatikan masyarakat dengan berbagai programnya.

Kedepannya Made Wardana bersama dengan pengurus Anak Ranting Desa Belega akan terus bergerak membagikan sembako ke daerah lainnya, bahkan dalam beberapa waktu kedepan juga akan digelar Pasar Gotong Royong di Desa setempat guna memberikan harga yang yang lebih murah kepada masyarakat serta mampu menyalurkan hasil pertanian lokal. (kbh2)

Related Posts