July 24, 2024
Pendidikan

Visitasi Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja Provinsi Bali di LPK Bali Excellent Tourism Academy

Gianyar – kabarbalihits

Masyarakat saat ini sudah cerdas untuk memilih Lembaga Pelatihan Kerja yang layak, yaitu sebuah lembaga yang sudah terakreditasi. Bagi LPK yang belum terakreditasi, cepat atau lambat akan ditinggalkan. LPK Bali Excellent Tourism Academy (BETA) Ubud, berkesempatan melakukan tahap tersebut yang diuji langsung oleh tim Asesor Akreditasi LPK Provinsi Bali. Kegiatan Visitasi Akreditasi (19/08) berlangsung di aula kampus setempat.

 

 

Kepala Seksi Standarisasi dan Sertifikasi Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali yang mewakili Kadisnaker ESDM Provinsi Bali, Ni Nyoman Wartini, SH menjelaskan, akreditasi merupakan hal penting bagi lembaga pelatihan kerja, karena sesuai dengan permenaker nomer 17 tahun 2016 telah diamanatkan jika LPK yang sudah memiliki ijin selama tiga tahun, maka harus di akreditasi untuk menjaga mutu pelatihan yang dilaksanakan pada lembaga tersebut .

“Yang diperiksa adalah dokumen dokumen terkait dengan kerangka mutu pelatihan indonesia yang terdiri dari 8 standar, yaitu standar 1 sampai 8” Jelasnya.

Sementara Ketua Lembaga Akreditasi Provinsi Bali, Putu Rucita SE, MM, CHT mengatakan, Visitasi Akreditasi merupakan rangkaian terakhir yang sudah dilalui oleh LPK di seluruh Bali.

“Pertama, penetapan partisipan dari kabupaten/ kota, kemudian ada proses bimtek selama dua hari, kemudian ada melihat kesesuaian bukti secara umum. Itu dilakukan di dinas provinsi dan hari ini Visitasi Akreditasi” Katanya

Disampaikan Visitasi Akreditasi merupakan melihat kesesuaian bukti dan fasilitas yang ada di LPK. Pihaknya menilai, akreditasi di LPK Bali Excellent Tourism Academy di ubud gianyar sangat bagus. Karena akreditasi tidak hanya mengumpukan bukti dokumentasi, tetapi diharapkan dari komite LPK Provinsi Bali, seluruh bukti yang dikumpulkan menjadi pengelolaan keseharian dimana LPK mampu menjamin mutunya.

Baca Juga :  Khusuk, Persembahyangan Hari Raya Saraswati di Pura Lingga Bhuwana

Menurut Direktur LPK Bali Excellent Tourism Academy (BETA) Irman Yuda Lesmana, salah satu diantara LPK yang ada di Gianyar, LPK BETA dipercaya oleh Dinas Ketenagakerjaan kabupaten Gianyar untuk melaksanakan Akreditasi.

Tim akan memeriksa standar yang menjadi acuan akreditasi. Diharapkan setelah diakreditasi kampus BETA makin sempurna dalam pelayanan kepada calon tenaga kerja yang akan dididik dan dilatih di kampus BETA.

“Sehingga, setelah kita latih outputnya sudah jelas. Jadi mereka akan berkarya dibidang perhotelan, kapal pesiar ataupun di dunia industri yang berhubungan dengan tourism. Jadi, lembaga kami yang akan melatih dengan baik sesuai dengan standar yang sudah diberikan” Ungkapnya.

Irman Yuda Lesmana juga memaparkan keberadaan Kampus BETA, dimana berdirinya kampus BETA didasari dengan semangat berbagi. Para instruktur dan pendiri mempunyai latar belakang dari masing masing pengalaman dan bidang disiplin ilmu yang berkompeten. Serta berangkat dari keprihatinan terhadap banyak hal, seperti anak usia muda yang ingin melanjutkan kuliah terkendala dengan biaya.

“Para vounder yang berlatar belakang di kapal pesiar, direstoran, bahkan pensiunan hotel, dan masih ada yang berprofesi sebagai guru. Kami betul betul ingin mempunya wadah bersama untuk berbagi. Jadi kami pilih di lembaga pelatihan kerja ini, kami ingin menyampaikan ilmu yang pernah kami dapat kepada junior kami, sehingga mereka dapat ilmu yang terbaik kemudian bisa mempraktekkannya dengan baik” Katanya.

Diakui, pihaknya menyasar masyarakat yang memerlukan solusi, yang berkeinginan dengan baik, Sehingga memudahkan proses untuk menjalani pelatihan.

“Walaupun kami ada di ubud, fakta mengatakan tidak semua orang ubud itu mampu untuk sekolah, dan menyekolahkan anaknya ke level yang lebih tinggi. Kami hadir untuk memfasilitasi mereka, jadi dengan kerja keras kami, tim kami dibelakang layar kami bisa fasilitasi anak anak lulusan SMA/SMK, kejat paket C maupun yang putus sekolah atau korban PHK kita latih disini untuk mendapatkan solusi” Bebernya.

Baca Juga :  Raih Beasiswa di Sekolah Vokasi Unwar, Buruan!! Kesempatan Hingga Akhir September 2022

Kampus BETA yang memasuki di tahun ketiga, terus melakukan inovasi terkait persaingan yang dialami, dimana banyak tumbuhnya LPK sejenis di Bali, khususnya di kabupaten Gianyar.

“Kami mempunyai kepercayaan diri, jadi kami tetap dengan tagline, ‘kami untuk berbagi’ istilahnya kami berusaha apa yang kami punya kami bagikan. Dengan persaingan itu kami mengedepankan hal hal atau inovasi yang kami lakukan sesuai situai kondisi. Seperti saat pandemic ini , kami membentuk Tim Kitchen kampus” Katanya.

Dibentuknya Tim Kitchen Kampus bertujuan untuk solusi yang kesulitan dalam pendanaan, pihaknya juga memberikan pelatihan untuk berwirausaha.

“Mereka di tim kitchen kampus diberikan pelatihan bagaimana memilih bidang usaha, bagaimana menghitung biaya, bagaimana memasarkannya, dan memproduksinya juga. Ini semua terjadi karena kolaborasi dari tim tim yang ada, dan mengundang yang ahli digital yang mempunyai kesempatan membantu adik adik ini” Imbuhnya.

Diketahui bersama, LPK Bali Excellent Tourism Academy merupakan pusat pendidikan Setara Diploma 1 dan 2 yang ada di kawasan Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali. (kbh1)

Related Posts