October 14, 2024
Musik Pariwisata

Simulasi Festival Bali Era Baru Hybride Drive Concert

Denpasar – kabarbalihts

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, membuka secara resmi simulasi Festival Bali Era Baru Hybride Drive Concert yang diselenggarakan oleh para pekerja event di Bali yang tergabung dalam DPD IVENDO (Dewan Industri Event Indonesia) bertempat di Gong Perdamaian Kertalangu, Denpasar, pada Selasa (18/8).

 

 

Disampaikan, sejak maret 2020 Bali terkena pandemi Covid-19 dan sampai saat ini pandemi masih terus berlanjut. Hal tersebut membuat tekanan ekonomi yang semakin menurun, dimana saat ini Bali sudah mencapai minus 10,98%, dan angka tersebut merupakan angka terburuk yang pernah dialami Provinsi Bali.

“Tentu penekanan ekonomi ini memberikan dampak disemua sektor yang ada di Bali, baik pariwisata, pertanian maupun sektor penyelenggaraan event-event musik atau panggung lainnya”, Ujarnya.

Cok Ace memberikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan simulasi konser tersebut. Dinilai, dari awal penyambutan tamu sampai dengan acara berlangsung sudah sangat menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan para petugas pun dengan sigap menegur peserta yang tidak melakukan physical distancing.

Diharapkan setelah acara tersebut berakhir agar dilakukan evaluasi dan selanjutnya membuat suatu pedoman protokol kesehatan saat menyelenggarakan event konser.

 “Saya harap pedoman tersebut nantinya bisa dijadikan acuan bagi pelaku pariwisata lainnya khususnya para penyelenggara event dalam membuat suatu kegiatan,” Ungkapnya

Sebelumnya, dalam sambutan virtual Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata & Penyelenggara kegiatan (Events) merangkap Plt. Direktur Penyelenggara kegiatan (Events) Kemenparekraf/ Baparekraf RI, Edy Wardoyo, pihaknya mengapreasiasi kegiatan simulasi ini

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya yang diselenggarakan oleh DPD IVENDO Bali bekerjasama dengan rekan rekan pemangku kepentingan MICE Event dan para musisi untuk mengadakan kegiatan simulasi protokol kesehatan” Katanya.

Baca Juga :  Atlas Beach Fest Gelar Media Gathering, Mahalini Bius Pengunjung

Pihaknya berharap panduan yang telah disusun dapat segera diterbitkan secepatnya. Sehingga kegiatan Event Festival maupun pertunjukan dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan kondisi saat ini.

Ketua DPD IVENDO Bali, Grace Jeanie dalam sambutannya menyebutkan kegiatan ini pertama kalinya digelar, lebih dari 50 industri event musisi yang terlibat secara swadaya, sehingga terwujud kegiatan simulasi event Pelaksanaan Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan bidang event di Bali.

“Ivendo Bali juga berterima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Gubernur Bali yang telah membuka secara bertahap aktivitas di Bali untuk kembali menggerakan roda perekonomian. Namun tentunya dalam situasi yang belum terlepas dari Corona Virus tentunya harus lebih mengekedepankan prinsip kehati-hatian dengan penerapan protocol kesehatan.

Oleh karenanya kegiatan pada hari ini kami selenggarakan, bukan sebuah kegiatan komersial namun terlebih dahulu diawali dengan sebuah simulasi” Jelasnya.

Ditambahkan, Kegiatan simulasi ini adalah hybrid system yang dimeriahkan musisi Bali di antaranya Balawan, Robi Navicula, Ope Indonesian Voice, Crazy Horse, Jun Bintang dan Joni Agung & Double T tampil di atas panggung dan disaksikan secara langsung, juga ada penampilan yang dilakukan live dari Jakarta yaitu Roy Jeconiah ex Boomerang. Konsep gabungan offline dan online ini sebagai solusi tatanan adaptasi baru bidang event dengan adanya pembatasan kapasitas penonton. (kbh1)

Related Posts