May 29, 2024
Lifestyle

Ramai, Berburu Kerang di Pantai Serangan

Denpasar-kabarbalihits

Tidak hanya hari minggu yang dibutuhkan masyarakat untuk meluangkan waktu bersantai. Beberapa warga di denpasar maupun luar denpasar sengaja mencari kerang di pantai Serangan, Denpasar Selatan untuk dikonsumsi.

Aktivitas pencarian kerang oleh semua kalangan ini dilakukan pada sore hari, saat air laut dalam keadaan surut. Seperti yang dilakukan Mamat yang mengaku tinggal di Ubud Gianyar, waktu luangnya ia sempatkan untuk mencari kerang di pantai Serangan. Hanya Berbekal besi yang ujungnya dibuat lengkung, bersama temannya Mamat memulai mencari kerang yang tertimbun pasir. Dalam waktu 2 jam dirinya dapat mengumpulkan 5 Kg Kerang untuk dikonsumsi.

“Saya mencari kerang untuk dikonsumsi tidak dijual, makan sendiri ini jenis kerang kembung” Katanya.

Ditambahkan, telah kedua kalinya ia mencari kerang di Pantai Serangan dan informasi didapatkan melalui temannya.

Hal Senada disampaikan pencari kerang lainnya bernama Ahya yang tinggal di gelogor carik. Kegiatan ini rutin dilakukan di tempat yang sama. Ia mengaku, tidak hanya kerang saja yang didapatkan di Pantai Serangan, hewan bercapit juga jadi buruannya. 

“Ya saya sering kesini, ini cari kepiting sama kerang. Ini untuk makan aja. Kesini sama adik saya, dapat 2 kiloan. Sampai rumah saya garap, ditumis” Jelasnya

Disampaikan juga, mencari kerang bisa dikatakan tidak mudah. Karena kerang tertimbun pasir dan keras. Pengeruk pasir sangat diperlukan dalam pencarian kerang, jika hanya memakai tangan kemungkinan jari tangan bisa terluka. (kbh1)

Related Posts