May 19, 2024
Lifestyle

Demam Ikan Cupang Sampai Ke Bali

Denpasar – kabarbalihits

Memelihara Ikan Cupang kembali menjadi trend. Terbukti ikan hias air tawar ini diburu dari kalangan penghobi ikan sampai artis Ibukota. Hingga selebriti Ashanty pun, Ikan Cupangnya dinamai aktor Drakor terkenal. Tidak sampai disana, Demam Ikan Cupang berimbas sampai ke Pulau Dewata. Permintaan Ikan Cupang melonjak ketika mulai diberlakukannya masa pandemi Covid-19 dan berlanjut hingga kini.

 

 

Ikan Cupang mempunyai daya tarik tersendiri sehingga menjadi salah satu cara untuk menghalau rasa bosan selama dirumah. Seperti halnya memiliki warna tubuh yang menarik, dan bentuk siripnya yang indah.

Hal tersebut disampaikan Penjual ikan cupang dan hewan reptil, Deby Agus Slamet Riyadi ketika ditemui pada Kiosnya di Pasar Burung Satria, Denpasar. Menurutnya, Tidak hanya dikhususkan untuk penghobi, Ikan hias jenis cupang yang dihasilkan oleh sejumlah pembudidaya di Denpasar berhasil membius para pemula untuk mengkoleksi Ikan kecil kaya warna ini.

“Antusias orang sekarang ke Cupang, sudah setahun terakhir tidak tahu kenapa pokoknya heboh banget sekarang. apalagi sejak pandemi orang butuh hobi kebanyakan beralih ke ikan hias cantik ini” Jelasnya

Disampaikan juga, untuk mencari hasil warna yang lebih baik, Pembudidaya mencoba untuk melakukan kawin silang sehingga warna yang dihasilkan dapat menentukan harga menjadi tinggi. Diakui khusus pada kiosnya, terdapat ikan Cupang yang dibandrol dari puluhan ribu sampai Jutaan rupiah.

“Untuk rate harga bisa dari jenis jenis bagan, sampai sekarang modifikasi colour sendiri sudah sampai jutaan juga. Sudah banyak breeder breeder yang sudah punya nama bahkan eksportir importir mainnya, jadi ada kelasnya tersendiri” Ungkapnya.

Kedepannya ia juga berencana akan membudidaya Ikan Cupang, dan sudah memulai dengan kolam kecil pada rumahnya. Dinilai yang menjadi indikator peminat cupang adalah dari banyaknya pembeli yang berkunjung ke kiosnya.

Baca Juga :  Terkesan Ganas, Ikan Predator Diburu Pecinta Ikan Hias

“Saya pribadi sudah ngebreed yang di premium class, jadi kita update warna terus. Untuk Peminat saya lihat dari banyaknya pembeli, Jadi setiap hari ada saja beberapa cupang yang keluar bahkan jenis jenis yang murah kita jualnya borongan, perputarannya cepat banget” Katanya.

Ditambahkan dalam perawatannya, tidak ada cara khusus untuk ikan cupang. Namun, penghobi reptil ini juga memberikan tips kepada pemula yang ingin memelihara Cupang.

“Kalau masuk soliter baru (aquarium khusus cupang) Sebelumnya kita kasih garam ikan, untuk membersihkan ikan dari jamur dan parasit parasit lain. Kita kasih juga ekstrak daun ketapang yang mempunyai fungsi, pertama untuk mengurangi stres, dan mentralisir PH air. Untuk tempat Ikan Cupang sebenarnya fleksibel, tempat kecil maupun besar dia kuat hidup” Imbuhnya.

Sementara pengunjung kios, Deni mengatakan, ia berburu ikan cupang karena dalam pemeliharaannya tidak susah dan harganya terjangkau daripada dibandingkan ikan hias lainnya.

“Saya tidak tahu harga dari berapa, cuma rata rata dibandingkan dengan ikan lain harganya terjangkau dan perawatannya gampang banget” Ungkapnya.

Disampaikan juga, memelihara Ikan Cupang Selain sebagai hiasan di ruangan, Ikan yang dikenal sebagai ikan petarung, agresif dan suka menyerang ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengurangi penyebaran penyakit Demam Berdarah. (kbh1)

Related Posts