April 15, 2024
Daerah Pariwisata

Menuju Desa Wisata, Perbekel Desa Medahan Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Gianyar – kabarbalihits

Dalam upaya menjadikan Desa Medahan Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar menjadi Desa yang bersih dan kedepannya menjadi Desa Wisata yang sesuai harapan, pihak Desa dengan Perbekel Desa Medahan, I Wayan Buana sebagai pencetus, senin (13/7) malam, di Banjar Penulisan, Desa Medahan menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah berbasis sumber dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

Sosialisasi menghadirkan 3 pembicara, yakni dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar, Pemerhati Lingkungan, serta Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar, Ni Made Ratnadi turut memberikan support dan pencerahan dalam sosialisasi tersebut. 

 

 

Perbekel Desa Medahan, Wayan Buana mengatakan, sosialisasi ini merupakan program untuk menjadikan Desa medahan sebagai Desa Wisata yang sesuai dengan harapan.

“Tentunya dengan Desa Medahan yang bersih akan menjadi Desa yang menarik untuk dikunjungi serta akan memberikan kontribusi kepada desa”, ucapnya.

Buana menambahkan, Sosialisasi Pengelolaan Sampah juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat utamanya kepada sekaha teruna dan ibu PKK tentang cara mengelola sampah menjadi fungsi guna. 

“Di tengah pandemi Covid-19, ke depan setelah Corona berlalu kami akan bergerak dari rumah ke rumah dan fokus kepada masyarakat untuk mengelola sampah yang baik dan benar serta menjauhkan sampah plastik dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Rencananya seminggu sekali akan dilakukan Gotong Royong bersama sekaha teruna”, ujarnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar, Made Ratnadi turut mendukung langkah yang diambil oleh Desa Medahan dalam Sosialisasi Pengelolaan Sampah, apalagi akan dibangun TPS 3R. 

“Sehingga jika telah dibangun akan menghasilkan uang dari sampah tersebut. Untuk itu ke depan diharapkan semua desa memilikinya. Sehingga dengan sosialisasi ini akan memaksimalkan pengurangan sampah plastik, dan kekhawatiran bahaya sampah plastik bisa diminimalisir”, ungkap Srikandi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga :  Fakultas Kedokteran Unud Berikan Edukasi Mengenai Donor Kornea pada Tenaga Kesehatan

Sementara itu, Bendesa Adat Medahan, Wayan Putra Jaya didampingi Kelihan Banjar Adat Penulisan, Ketut Suarta mengapresiasi langkah Desa Medahan dalam Sosialisasi Pengelolaan Sampah. “Kami mendukung dan membuat keputusan akan dituangkan dalam berita acara agar memotivasi masyarakat untuk hidup bersih selamanya. Sementara terkait akan dijadikan Desa Wisata dipastikan akan segera terwujud”, harapnya.(kbh2)

Related Posts