May 29, 2024
Kuliner

Maknyuss, Lontong Serapah Khas Jembrana

Jembrana – kabarbalihits

Makanan enak, ringan, dengan penyajian yang menarik serta murah adalah kuliner yang sangat diminati oleh masyarakat. Apalagi makanan yang dimaksud tergolong unik dan menciri khas. Salah satu makanan yang menarik tersebut adalah Lontong Serapah.

 

 

Jika kita berpergian atau berada di Kabupaten Jembrana tepatnya lagi di daerah Kota Negara, makanan ciri khas Jembrana ini sangat mudah ditemui. Komang Werdiyani adalah salah satu penjual Lontong Serapah yang berada di Desa Dangin tukadaya Jembrana yang terletak di Jalan utama Denpasar Gilimanuk, Penyajiannya sangat cepat, menarik dan terlihat sangat enak.

Komang Werdiyani mengatakan, bahan-bahannya selain lontong yang di potong juga di isi dengan sayur lengkap seperti bayam, toge, pare, kongkang, nangka, pepaya yang diparut. Sementara sebagai bumbunya menggunakan klengis atau ampas dari pembuatan minyak kelapa secara tradisional yang dicampur dengan bumbu tradisional lainnya. Sementara ini dirinya kewalahan melayani banyaknya penggemar makanan ini. “Sehingga Lontong Serapah pasti abis tidak sampai siang hari”, ungkapnya.

Selain Lontong Serapah juga disediakan Lontong Lawar yang berisikan daging ayam, telur dan di taburi kuah. ” Harganya murah, hanya 5 ribu rupiah per porsinya”, Werdiyani menambahkan.

Salah satu penikmat Lontong Serapah yang sempat ditemui berasal dari Kabupaten Gianyar, Putu Semiada mengatakan dirinya memang pecinta kuliner khas Bali. Semiada mengatakan, tidak sia-sia perjalanan ke Kabupaten Jembrana untuk mencoba Lontong Serapah ini. “Selain murah Lontong Serapah sangat nikmat”, ucap Semiada. (kbh2)

Related Posts