April 21, 2024
Daerah Sosial

Desa Tegal Harum Pelopor Penyalur BLT Dana Desa di Kota Denpasar 

Denpasar – kabarbalihits

Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) mulai disalurkan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Untuk di Kota Denpasar, desa pelopor yang melakukan pencairan adalah Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat. Bantuan bagi warga terdampak pandemi Covid-19 itu diserahkan langsung oleh Perbekel Desa Tegal Harum I Komang Adi Widiantara pada pada jumat (8/05).

 

 

Diketahui sebelumnya pada pertengahan April lalu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan, kebijakan BLT Dana Desa tertuang dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 6 tahun 2020 yang merupakan revisi dari Permendes PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa. BLT Dana Desa adalah upaya untuk menyentuh seluruh masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat covid 19. 

Selanjutnya, Untuk pendataan calon penerima BLT Dana Desa, dilakukan oleh relawan desa lawan Covid 19 yang sebelumnya telah dibentuk oleh desa. Penetapan penerima BLT Dana Desa di tingkat pemerintah Kabupaten/Kota harus dilakukan dengan cepat, yakni maksimal lima hari kerja. Terkait pencairan kepada penerima BLT Dana Desa, dilaksanakan dengan semaksimal mungkin dan dilakukan secara non tunai (transfer perbankan). 

Di Desa Tegal Harum kecamatan denpasar barat, telah melakukan pendataan dan penyaluran BLT DD sesuai mekanisme kepada 47 warga penerima manfaat BLT DD sebesar 28 juta 200 ribu rupiah yang berada di 8 Dusun/ Banjar wilayahnya.

Perbekel Desa Tegal Harum I Komang Adi Widiantara menjelaskan, Sebelumnya ada mekanisme yang dilakukan yaitu pembentukan relawan desa Covid-19 untuk mendata masyarakat yang berhak mendapatkan BLT DD. 

“Kemudian dilakukan verifikasi tahap awal, kemudian ditemukan sekitar kurang lebih 70 orang yang memenuhi syarat dari 120 orang yang terdata. Dilanjutkan kembali dengan verifikasi faktual ke lapangan melalui validasi di musyawarah desa khusus dan mendapatkan 47 orang yang berhak mendapatkan BLT DD dan dieksekusi pada hari ini” jelas Komang Adi. 

Baca Juga :  KUA Dan PPAS Badung Tahun 2021 Disepakati, Bupati Giri Prasta Apresiasi Masukan Dewan Untuk Penyempurnaan APBD Tahun 2021

Ditambahkan, rekening BLT DD diserahkan ke masing masing warga sebesar 600 ribu rupiah dan prosesnya akan tetap dikawal selama tiga bulan, dari bulan April, Mei dan Juni. (kbh1)

 

Related Posts