May 29, 2024
Seni Budaya

Covid-19 Pengaruhi Ibadah Saat Hari Suci Waisak

Gianyar-kabarbalihits

Corona Virus disease (Covid-19) tidak hanya mempengaruhi dunia kesehatan, sosial masyarakat serta ekonomi, namun juga sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan ibadah di semua agama. Seperti hari suci Waisak yang di dirayakan oleh umat Buddha, yang jatuh tepat pada hari ini (7/7), menunjukkan adanya perbedaan yang sangat besar.

Seperti di vihara amurva bhumi yang berlokasi di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, tidak menampakan aktivitas ibadah sama sekali. Di Wihara yang berdiri pada tahun 1882 ini tidak menampakkan kegiatan keagamaan sama sekali, dan hanya salah satu umat yang ditugaskan untuk menjaga wihara saja terlihat. Beberapa spanduk yang menghimbau agar tidak melaksanakan kegiatan apapun di tempat ibadah ini terlihat terpasang di depan wihara. Meski demikian pihak kepolisian terus memantau agar tidak ada aktivitas apapun selama pandemi Covid-19 terjadi. 

Ada beberapa hal yang unik terdapat di Vihara satu-satunya tempat bersatunya Dewa tanah dan Dewa bumi ini adalah berlokasi di dekat sungai. Jika dilihat Wihara yang ada semua terletak di dekat pantai. Selain itu saat melaksanakan ibadah di Vihara Amurva Bhumi, umat yang datang semuanya melakukan ibadah dengan mengaturkan sesajen layaknya umat Hindu di Bali. (Kbh2)

 

Related Posts