July 24, 2024
Ekonomi

Ide Bisnis Kuliner Muncul Di Tengah Pandemi

Karangasem – kabarbalihits

Wabah COVID-19 atau virus corona sangat berdampak terhadap perekonomian global, tidak terkecuali di Bali. Semua sektor terpukul dengan adanya wabah Covid. Kondisi ini membuat banyak pekerja di Bali yang dirumahkan, bahkan Putus Hubungan Kerja (PHK).

Baca Juga :  Karena Skill, "Mongoh" Nyaris Tak Terdampak Pandemi

Para pelaku usaha di Bali juga terdampak karena sepinya orderan di tengah pandemi ini. Namun dibalik bencana ini ternyata masih ada peluang bisnis atau ide kreatif yang muncul dari warga demi tetap mendapatkan rejeki.

Salah seorang warga di Karangasem, Ibu Jero misalnya, berhasil menciptakan ide kreatif untuk membuat abon pindang. Ide ini muncul ketika sang anak ingin dibuatkan abon pindang untuk bekal merantau di Denpasar.

” ya karena dampak Covid jam kerja anak tiang dikurangi, begitupun juga gajinya, karena anak tiang ingin ngirit saya diminta untuk membuatkan dia Abon pindang untuk lauk selama seminggu, teman-teman kerja anak tiang suka dengan rasa Abonnya dan mereka mulai memesannya” ujar Ibu Jero, Jumat (24/4).

Baca Juga :  PSR "Menyama Braya", Roadshow Keliling Bali, Gelontor 1.000 Vaksin, Ribuan Paket Sembako Hingga Dana Punia

Usaha kuliner ini di lakukan di rumah dengan memanfaatkan dapur rumah tangga. Saat ini Ibu Jero berhasil membuat 15 porsi abon pindang dalam sehari. Pesanan tidak hanya datang dari warga sekitar rumahnya di Jalan Sudirman Karangasem, tetapi juga dari Denpasar, mengingat sang anak yang bekerja merantau di ibukota Bali tersebut.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kami untuk menutupi pengeluaran bulanan kami di tengah kondisi yang serba sulit seperti sekarang. Tiang berharap semuanya akan kembali normal lagi.” Harap Ibu Jero.

Baca Juga :  Barista Bali Berlatih, Upgrade Ilmu Sekaligus Diberi Bantuan Mesin Kopi

Bagi Ibu Jero situasi sekarang ini membuat orang-orang semakin kreatif, ide yang selama ini tidak terpikirkan tiba-tiba muncul dan bahkan bisa menjadi peluang bisnis yang tentunya tidak sampai memerlukan modal besar. (Put)

Related Posts