October 26, 2024
Pendidikan

Wisuda PNB ke 36, Saat Ditanya Berapa Lulusan Yang Sudah Bekerja, Setengah Lebih Wisudawan Angkat Tangan

Badung-kabarbalihits

Politeknik Negeri Bali (PNB) kembali menggelar prosesi wisuda ke-36 yang dilaksanakan dalam tiga sesi, yakni pada 21, 29 dan 30 Oktober 2024. Wisuda tahun ini menjadi momen spesial dengan peningkatan jumlah lulusan yang sudah bekerja sebelum resmi diwisuda.

Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE., M.eCOM., menyatakan bahwa total wisudawan tahun ini mencapai 2.034 orang, yang terdiri dari mahasiswa program studi D3, S1 terapan dan S2 Terapan Perencanaan Pariwisata. Abdi mengungkapkan kebanggaannya karena selain jumlah wisudawan yang meningkat, persentase mahasiswa yang bekerja sebelum wisuda juga mengalami lonjakan signifikan.

“Tahun ini, sebanyak 52,9 persen wisudawan sudah bekerja sebelum diwisuda, meningkat dari 49 persen pada tahun sebelumnya. Ini adalah pencapaian yang membanggakan bagi kita semua,” ujar Abdi dalam sesi pertama wisuda yang berlangsung pada Senin, 21 Oktober 2024, di The Westin Resort, Nusa Dua.

Tak hanya peningkatan di bidang ketenagakerjaan, jumlah mahasiswa yang berwirausaha setelah tamat juga menunjukkan pertumbuhan yang positif. Menurut Abdi, hal ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap PNB, seiring dengan kualitas pendidikan yang terus ditingkatkan di berbagai aspek, termasuk di dalam kelas, laboratorium, hingga workshop.

Selain itu, Abdi juga menyoroti pencapaian PNB pada tahun 2024 dengan mulai diterimanya mahasiswa program Doktor Terapan Bisnis Pariwisata. “Kami berharap dengan pencapaian ini, PNB dapat terus memperluas akses pendidikan di berbagai jenjang, mulai dari D2 Fast Track, D3, D4, hingga Doktor Terapan,” ungkapnya.

Meski begitu, Abdi menekankan pentingnya peningkatan soft skill lulusan agar mereka tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki keterampilan yang dibutuhkan di dunia industri.

Wakil Direktur I PNB, Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman, ST., MT., menambahkan bahwa wisuda kali ini diikuti oleh peserta dari 18 program studi, termasuk kampus di luar Bali yang berada di Lombok Barat dan Jembrana. “Ini menunjukkan bahwa wisuda kali ini sangat lengkap dan mencakup berbagai program studi, termasuk Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU),” jelasnya.

Baca Juga :  Polisi Tetapkan 8 Tersangka Bentrok di Pedungan, Sanksi Adat Menunggu

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada industri yang telah bekerja sama dengan PNB dalam menyerap lulusan mereka. “Banyak lulusan PNB yang sudah langsung terserap oleh dunia industri, dan jumlahnya lebih tinggi dibandingkan tahun lalu,” tutup Mulawarman.

Dengan prestasi ini, PNB terus menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja dan industri, sejalan dengan kebutuhan pasar yang terus berkembang.(kbh2)

Related Posts