October 26, 2024
Daerah

Sekda Buleleng Pimpin Rapat Bahas Peningkatan PAD Triwulan III

Buleleng – kabarbalihits

Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Gede Suyasa, memimpin rapat pembahasan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Triwulan III Kabupaten Buleleng, Selasa (20/10). Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng ini turut dihadiri Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Buleleng, Made Pasda Gunawan.

Dalam arahannya, Sekda Suyasa menekankan pentingnya upaya peningkatan PAD melalui berbagai langkah strategis. Ia meminta agar sosialisasi kepada subjek dan objek pajak serta retribusi diperluas, diiringi dengan pendekatan persuasif. Optimalisasi pemungutan pajak dan retribusi secara digital juga menjadi fokus, dengan pengawasan dan pengendalian yang ketat dan sistematis.

Selain itu, Sekda Suyasa menegaskan perlunya identifikasi dan penggalian sumber-sumber baru objek pajak dan retribusi untuk meningkatkan PAD. Pendayagunaan aset daerah, peninjauan kembali peraturan daerah dan peraturan bupati terkait pendapatan daerah, serta kerjasama Host to Host dengan Kantor Pertanahan untuk penggunaan peta dasar tanah sebagai dasar penetapan objek pajak PBB-P2 juga menjadi poin penting dalam upaya peningkatan PAD Buleleng.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan Pendapatan Asli Daerah Buleleng dapat terus meningkat dan mendukung pembangunan daerah secara berkelanjutan.(r)

Related Posts