October 14, 2024
Daerah

Sambut HUT Ke 48, Perumda Air Minum Tirta Mangutama Gelar Water Education Untuk Masyarakat

Badung – kabarbalihits

Serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 48 Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung, Selasa (8/10) direksi beserta staf Perumda menggelar Water Education di SPAM Belusung, Denpasar. Program water education kali ini menyasar siswa SMP dan SMA di kabupaten badung dan dilaksanakan selama dua hari.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung, I Wayan Suyasa, S.Sos.,MM mengatakan, kegiatan water Education tahun ini menyasar dua kecamatan yakni Kecamatan Petang dan Kecamatan Abiansemal dan yang hadiri saat ini adalah SMP 5 Abiansemal dan hari Rabu adalah SMA Negeri 1 Petang. “Harapan dari kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat agar memahami tentang apa itu air, bagaimana cara pengelolaan air dan apa-apa saja yang mempengaruhi air itu menjadi masalah.,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, dari kegiatan water education tadi banyak yang bertanya bagaimana proses air bersih sampai ke rumah-rumah masyarakat, padahal begitu kotor di sungai. Hal ini harus dijelaskan bahwa ada pengolahan serta ada pendistribusian.

“Kalau air bakunya ini bagus, biaya pengolahanya akan lebih murah. Dalam pengolahan air ini menjadi bersih hingga ke rumah-rumah tangga atau warga ada beberapa tahap pengolahan dengan energi serta zat kimia. Air baku yang kita ambil ada di Sungai Ayung yang hulunya ada di Petang. Untuk memelihara air baku ini agar tetap terjaga dengan baik, kita melakukan langkah-langkah penghijauan di daerah Utara bekerjasama dengan masyarakat Sulangai. Selain itu kita membuat sumur resapan atau sumur pemanen air hujan. Selama ini air hujan terbuang begitu saja ke laut. Untuk itulah kami buat sumur pemanen air hujan sekitar kedalaman 35 meter. Jadi harapan kita semakin banyak ada tampungan-tampungan dan banyak air yang disuntikan ke bumi air di bawah tanah akan menjadi banyak,”paparnya.

Baca Juga :  2 Orang Sembuh di Denpasar, Kasus Positif Covid-19, Bertambah 17 Orang

Pihak Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung juga sedang merencanakan pembelajaran yang lebih intens dan membuka ruang kepada masyarakat, institusi pendidikan baik SD hingga SMA untuk melakukan pembelajaran tentang tata Kelola Sistem Pengelolaan Air Minum.

“Hal ini akan bermanfaat jika semua tahu tentang tata Kelola Sistem Pengelolaan Air Minum, karena kitab isa antisipasi lebih awal dari pencemaran air di sumber-sumber air,”ungkapnya. (r)

Related Posts