October 14, 2024
Daerah

Dewan Pers dan Diskominfo Badung Gelar Media Literasi, Perkuat Kemitraan dengan Media

Badung-kabarbalihits

Dewan Pers bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung menyelenggarakan acara bertajuk “Media Literasi: Mewujudkan Kemitraan yang Berkualitas, Menjalin Hubungan yang Proporsional dan Profesional dengan Media”. Acara yang digelar di Ruang Rapat Gita Gosana, Diskominfo Badung, pada Kamis (3/10) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya informasi yang tepat dan terpercaya, serta membahas masalah penyalahgunaan profesi wartawan di era digital.

Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah Dewan Pers dalam menangani berbagai permasalahan terkait media. “Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang mendukung kegiatan ini. Media literasi penting untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi pers di era digital saat ini. Selain itu, kami juga memiliki dua agenda penting di Bali, yakni literasi media dan penyegaran ahli pers,” ujar Agung Dharmajaya.

Ia juga menekankan bahwa masyarakat atau institusi yang merasa dirugikan oleh pemberitaan dapat melaporkannya kepada ahli pers untuk ditindaklanjuti. “Dewan Pers memiliki ahli yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, sehingga laporan terkait pemberitaan yang merugikan dapat segera ditindaklanjuti oleh ahli pers tersebut,” tambahnya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Badung, I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, menyambut baik kegiatan ini dan menegaskan pentingnya media literasi bagi perangkat daerah maupun masyarakat. “Kegiatan literasi media ini sangat positif untuk memberikan pemahaman terkait dunia pers, tujuan pers, serta tantangan yang dihadapi dalam dunia jurnalistik. Pengetahuan ini penting bagi perangkat daerah yang berperan dalam melaksanakan agenda pembangunan,” katanya.

Acara ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung, I Nyoman Sujendra, S.Pd., M.M., dan dihadiri oleh perwakilan perangkat daerah serta rekan media. Sejumlah narasumber dari Dewan Pers turut hadir, termasuk M. Agung Dharmajaya, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga, Totok Suryanto, dan Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers, Yadi Heriyadi Hendriana.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Hadiri Penutupan Kejurda VII PPS Kertha Wisesa

Acara media literasi ini diharapkan dapat berlanjut di masa depan, guna memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap media dalam menyajikan informasi yang akurat dan berkualitas.(r)

Related Posts