October 14, 2024
Daerah

Adhi Mahendra Putra Tanamkan Jiwa Pancasila Lewat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Jembrana -kabarbalihits

Anggota Badan Sosialisasi MPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra, M.H., M.Kn., (AMP) dengan dedikasi tinggi, kembali menyuarakan pentingnya memahami dan menerapkan Empat Pilar Kebangsaan. Kepada masyarakat Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Jumat (27/9).

Melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tokoh yang populer disapa Gus Adhi menyebut Empat Pilar ini adalah fondasi yang kokoh bagi keberlangsungan Indonesia yakni Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan persatuan.

Dalam sosialisasi ini, Gus Adhi tidak sekadar hadir sebagai pembicara. Namun, lebih pada upaya menanamkan nilai-nilai luhur ini di hati masyarakat, bersama para peserta yang berasal dari berbagai elemen. Setiap kata yang diucapkan, setiap pesan yang disampaikan, membawa harapan besar bahwa nilai-nilai kebangsaan ini bisa kembali berakar kuat di masyarakat.

Gus Adhi menyampaikan penting pemahaman dan juga penerapan nilai-nilai kebangsaan dalam Empat Pilar Kebangsaan kembali terus dikuatkan di berbagai elemen masyarakat termasuk juga sejak dini di generasi penerus bangsa. “Saya melaksanakan sosialisasi empat pilar dengan harapan Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika ini agar benar-benar membumi,” ungkap Gus Adhi.

Nilai-nilai Pancasila bukan hanya sekadar slogan. Namun harus menjadi ethos, menjadi jiwa yang hidup dalam setiap diri kita,” tegas Anggota Fraksi Golkar DPR RI ini.

Dengan penuh semangat Gus Adhi juga menggambarkan bagaimana jika Pancasila dihayati dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, Indonesia akan mampu melahirkan sumber daya manusia yang unggul, anak-anak bangsa yang siap membawa negeri ini menuju kejayaan.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita menghantarkan Pancasila ini tidak hanya sebagai logos namun sebagai ethos atau sikap perilaku yang tertanam sejak usia ini. Dengan jiwa Pancasilais maka SDM unggul akan terlahir di negara ini,” tegas wakil rakyat yang dikenal dengan spirit perjuangan Amanah Merakyat Peduli ini dihadapan para peserra yang bersala dari berbagai elemen.

Baca Juga :  KEKAL, FRONTIER dan WALHI Bali Tegaskan Hentikan Proyek Yang Berpotensi Datangkan Bencana Lingkungan Hidup

Dalam paparan akhirnya, Gus Adhi lantas kembali menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar MPR RI  ini sejak usia dini. “Saya mendengar suara-suara yang ingin Pancasila kembali masuk ke dalam kurikulum pendidikan, dari PAUD hingga perguruan tinggi. Ini bukan hanya sebuah keinginan, tapi juga kebutuhan yang mendesak,” tukasnya. Kbh6

Related Posts