October 14, 2024
Pendidikan

Wisuda ke-8 LPK Glory International Cruise Knowledge, 95 Persen Lulusan Sudah Bekerja

Denpasar – kabarbalihits

95 Persen Lulusan dari LPK Glory International Cruise Knowledge Klungkung-Karangasem, sudah terserap di dunia kerja bahkan sebelum diwisuda, hal tersebut diungkapkan, Direktur LPK Glory Klungkung, Ida Bagus Putra Astawa dalam kegiatan Wisuda ke-8, LPK Glory International Cruise Knowledge Klungkung-Karangasem, bertempat di Hotel Aston Denpasar, Jumat (13/9).

Wisuda ke-8 LPK Glory International Cruise Knowledge Klungkung-Karangasem, meluluskan 388 peserta latih yang terdiri dari jurusan F&B Service, F&B Product, Housekeeping, Bar and Barista, serta Spa Therapys. Untuk wisuda saat ini hampir 75 persen peserta dari LPK Glory International Cruise Knowledge Karangasem tidak bisa mengikuti acara kelulusan dikarenakan sedang melakukan intership atau magang diluar negeri.

Direktur LPK Glory Klungkung, Ida Bagus Putra Astawa sangat bangga kepada wisudwan yang telah mengikuti pelatihan dan praktek langsung, baik di kampus maupun industri dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hampir 95 persen para lulusan sudah mendapatkan penempatan kerja di berbagai hotel berbintang di bali, bahkan ada yang sudah berangkat ke luar negeri.

“Komitmen kita, mereka tidak kita lepas begitu saja, namun kita menjembatani mereka dengan BKK, yaitu bursa kerja khusus dari Glory yang membagikan semua job vacancy yang ada diantara agent-agent yang kita ajak kerjasama, baik di dalam maupun luar negeri” ujarnya.

Lebih lanjut Ida Bagus Putra Astawa menjelaskan, selama ini LPK Glory International Cruise Knowledge telah bekerjasama dengan berbagai agensi baik untuk penempatan dalam maupun luar negeri. “Jadi bisa ke kapal pesiar bisa juga didarat. Beberapa negara yang menjadi penempatan lulusan antara lain di Bulgaria, maldive, malaysia, thailand dan taiwan untuk intership” pungkasnya.

Ketua Yayasan Ganesh Aksara Wiguna, Ketut Suarnata mengungkapakan, selama ini pihak yayasan selalu mendukung berbagai program dari LPK yang ada di masing-masing kabupaten/kota, agar bisa bersaing dan menghasilkan generasi muda yang kompeten khsusnya di bidang pariwisata. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas instruktur dengan mengikutkan mereka di berbagai pelatihan dan training yang berhubungan dengan sistem pendidikan terbaru di bidang pariwisata yang berlaku saat ini.

“Selain itu dari segi fasilitas pendidikan, Yayasan Ganesh Aksara Wiguna selalu berkomitmen untuk setiap tahunnya melengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan pelatihan. Kami juga sangat bersyukur karena perkembangan LPK Glory International Cruise Knowledge sangat luar biasa, hal ini terlihat dari perkembangan peserta latih yang terus meningkat setiap tahunnya” pungkasnya.

Ketua Panitia Wisuda, Dedy Eka Suriyana menjelaskan bahwa seluruh wisudawan dari LPK Glory International Cruise Knowledge sudah dinyatakan kompeten, karena mereka sudah mengikuti uji kompetensi dari LSP Harapan Mulya sesuai dengan bidang masing-masing dan mereka sudah siap dan kompeten untuk bekerja di industri pariwisata.

“Dari 388 wisudawan yang berasal dari lima jurusan telah dinyatakan lulus dan memiliki kompetensi untuk bekerja di insutri pariwisata. Hal ini karena kurikulum yang kami kembangkan sudah mengikuti aturan dari pemerintah, dan lembaga kita sudah terakreditasi. Bahkan kita satu-satunya LPK yang terakreditasi di Kabupaten Kalungkung” ucapnya.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Serahkan Sertifikat Ke Polresta Denpasar

Dalam kegiatan wisuda kali ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik dan best trainee dari masing-masing jurusan, yakni Jurusan F&B Service, F&B Product, Housekeeping, Bar and Barista, serta Spa Therapys. (kbh5)

Related Posts