October 14, 2024
Pendidikan

Matrikulasi Karyasiswa Baru Magister Ilmu Hukum Unwar, Fokus pada Hukum Investasi dan Agraria Berwawasan Ekowisata

Denpasar-kabarbalihits

Sebelum memulai perkuliahan, sebanyak 80 karyasiswa baru Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Hukum (MIH) Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar) mengikuti kegiatan matrikulasi pada Jumat (13/9). Matrikulasi ini bertujuan untuk memperkenalkan materi perkuliahan yang akan mereka pelajari selama menempuh studi di prodi tersebut.

Menurut KaProdi MIH, Dr. Ni Komang Arini Styawati, S.H., M.Hum., matrikulasi diberikan karena mahasiswa yang diterima berasal dari latar belakang pendidikan yang beragam, seperti kedokteran, ekonomi, teknik, serta fakultas hukum. “Matrikulasi ini penting karena mahasiswa MIH berasal dari berbagai disiplin ilmu. Ini akan memberikan pemahaman yang sama sebelum mereka memulai perkuliahan yang sesungguhnya,” jelas Arini di sela-sela kegiatan matrikulasi.

Materi matrikulasi mencakup hukum investasi, hukum kebijakan publik, teori hukum, metode penelitian hukum, hukum bisnis termasuk pasar modal, serta hukum agraria. Semua materi ini dirancang untuk mendukung visi keilmuan MIH yang berfokus pada pengembangan hukum investasi dan agraria dengan perspektif ekowisata.

Arini menambahkan bahwa lulusan yang diharapkan dari prodi MIH adalah ahli hukum yang kompeten di bidang hukum investasi dan agraria, serta memiliki wawasan ekowisata. “Kami berharap lulusan MIH dapat menjadi praktisi dan konsultan hukum yang berkompeten, khususnya di bidang hukum investasi dan agraria yang berwawasan ekowisata, sehingga mampu bersaing di pasar kerja global,” ujarnya.

Dekan Fakultas Pascasarjana Unwar, Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati, S.H., M.Hum., menyampaikan bahwa kekhasan keilmuan di Prodi MIH sangat relevan dengan kondisi Bali sebagai destinasi wisata internasional. “Bali dengan pariwisatanya yang unik membutuhkan ahli hukum di bidang investasi dan agraria untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul di Bali,” katanya.

Dengan memfokuskan keilmuan pada hukum investasi, para lulusan diharapkan mampu membantu para investor memahami legalitas investasi mereka, baik di Bali maupun di Indonesia secara umum. Keahlian ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan SDM unggul yang dapat mendukung perekonomian Bali melalui investasi yang berkelanjutan dan berwawasan ekowisata.(kbh2)

Related Posts