October 14, 2024
Pendidikan

Gelar Job Fair Kesehatan, Stikes Wiramedika Bali Permudah Lulusan Terserap di Dunia Kerja Sebelum Diwisuda

Denpasar – kabarbalihits

Mempermudah lulusaan untuk terserap di dunia kerja bahkan sebelum diwisuda, Stikes Wiramedika Bali melaksanakan kegiatan Job Fair Kesehatan dengan melibatkan Rumah Sakit Swasta terbaik di Bali, bertempat di Kampus Stikes Wira Medika Bali, Jalan Kecak Nomer 9A Gatot Subroto Timur, Denpasar, Bali, Selasa, (10/9). Pada Job Fair kali ini, calon lulusan melakukan wawancara secara langsung dengan pihak rumah sakit, sehingga nantinya mereka bisa bergabung dan bekerja dengan rumah sakit tersebut.

Rumah Sakit yang dilibatkan dalam Job Fair Kesehatan Stikes Wiramedika Bali yakni, Siloam Hospital Bali, RSU Kasih Ibu, Rumah Sakit Surya Husada, BIMC Hospital Bali, Rumah Sakit Murni Teguh Bali, dan Rumah Sakit Ganesha Gianyar.

Ketua Stikes Wira Medika Bali, Drs. I Dewa Agung Ketut Sudarsana, MM., mengatakan Job Fair Kesehatan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat kepada Lulusan Stikes Wiramedika Bali terkait kebutuhan tenaga kesehatan dan juga hal-hal yang berhubungan dengan kompetensi yang dikembangkan di unit pelayanan di dunia kerja.

“Perkembangan kebutuhan pelayanan kesehatan di masyarakat sangat dinamis, seperti contoh saat ini sedang marak pelayanan komplementer, sehingga kami di Stikes Wiramedika sudah menyiapkan hal tersebut. Bahkan kita sudah mendirikan klinik komplementer di kampus, dimana praktisi pengobatan komplementer berasal dari dosen Stikes Wiramedika, dan pasiennya bukan hanya dari bali namun juga dari luar bali” ujarnya.

Lebih lanjut Dewa Agung mengungkapkan, berdasarkan tracer study yang telah dilakukan, waktu tunggu dari lulusan Stikes Wiramedika Bali untuk memperoleh pekerjaan hanya 3 bulan, bahkan banyak calon lulusan Stikes Wiramedika sudah bekerja di rumah sakit baik didalam maupun luar negeri.

“Berdasarkan tracer study yang kita lakukan, waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan hanya 3 bulan saja, dengan adanya job fair ini waktu tunggu akan menjadi lebih singkat lagi, karena mereka lebih cepat mendapatkan informasi dari rumah sakit yang membutuhkan tenaga kesehatan. Disamping kita sudah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga diluar negeripun, lulusan Stikes Wiramedika banyak diminati untuk menjadi tenaga kesehatan seperti di jepang, china dan australia” pungkasnya.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Putu Gede Subhaktiyasa, ST., MM., menjelaskan bahwa Job Fair ini merupakan yang pertama kali dilakukan khusus untuk tenaga kesehatan dengan melibatkan rumah sakit swasta ternama di bali.

“Pelaksanaan Job Fair seperti ini mungkin tidak semua kampus bisa melakukannya, dimana kami menjembatani para lulusan untuk bisa terserap di dunia kerja bahkan sebelum mereka lulus atau diwisuda. Kita Sudah bermitra dengan beberapa rumah sakit besar yang ada di bali, dan ini adalah salah satu cara kami untuk mempersingkat masa tunggu dari lulusan untuk memperoleh pekerjaan. Kami juga terus meningkatkan kompetensi mahasiswa dan melakukan evaluasi kurikulum sehingga kurikulum yang kami berikan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja” ungkapnya.

Baca Juga :  Unhi Segarkan Pejabat Struktural, Wakil Rektor IV Hadir Fokus Urusan Inovasi, Riset dan Kerja Sama

Kepala Pengembangan SDM, PT Surya Husada yang membawahi Rumah Sakit Surya Husada, Citra Oktaviani mengatakan kerjasama yang terjalin antara RS Surya Husada dengan Stikes Wiramedika sudah terjalin dengan sangat baik, bahkan hampir 50 persen tenaga keperawasan di RS Surya Husada berasal dari Lulusan Stikes Wiramedika Bali.

“Lulusan tenaga kesehatan Stikes Wiramedika memiliki kualifikasi yang sangat bagus sesuai dengan standar yang kami butuhkan di rumah sakit, sehingga kami tidak ragu untuk terus bekerjasama dengan Stikes Wiramedika untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di rumah sakit kami” ucapnya.

Ni Putu Lina Sudiyawati selaku Human Capital Department Head Siloam Hospital Bali Area mengaku sangat bangga dengan kualitas lulusan kesehatan dari Stikes Wiramedika Bali, kerena kompetensi yang dimiliki bisa bersaing di industri kesehatan. Dirinya berharap melalui job fair ini bisa mendapatkan banyak lulusan yang nantinya bisa bergabung dengan Siloam Hospital Group, khususnya di tiga rumah sakit dan 2 klinik di area bali.

“Kami cukup banyak memiliki tenaga kesehatan yang merupakan lulusan dari Stikes Wiramedika terutama di divisi keperawatan. Selama ini kualitas dan kompetensi dari lulusan yang telah bergabung di Siloam Hospital Group sangat bagus sekali, sehingga kami tidak ragu untuk terus bekerjasama dengan Stikes Wiramedika Bali untuk memperoleh tenaga kesehatan untuk bergabung dengan Siloam Hospital” ucapnya.

Manajer Keperawatan RSU Ganesha, Oktarina menjelaskan bahwa kerjasama antara RSU Ganesha dengan Stikes Wiramedika sudah terjalin cukup lama dan banyak lulusan Stikes Wiramedika telah bekerja sebagai tenaga kesehatan di RSU Ganesha. Selama ini lulusan Stikes Wiramedika yang telah bergabung dengan RSU Ganesha memilki etos kerja yang sangat bagus, karena lulusannya sudah sangat siap bekerja ketika mereka lulus.

“Kalau dilapangan kualitas SDM yang kita rekrut dari lulusan Stikes Wiramedika sudah sangat bagus, jadi dalam hal pembimbingan, mentoring dilapangan sangat mudah dilakukan, dan mereka mampu beradaptasi dengan situasi kerja di RSU Ganesha” pungkasnya.

 

Ricky Ardianto Wijaya, selaku Penanggung Jawab SDM dan Diklat RS Murni Teguh Tuban mengatakan bahwa lulusan kesehatan dari Stikes Wiramedika Bali sudah terbukti kualitasnya sehingga dirinya sangat tertarik untuk merekrut tenaga kesehatan dari Stikes Wiramedika Bali untuk bergabung di di RS Murni Teguh.

“Kami sudah tahu kualitas dari lulusan Stikes Wiramedika Bali, karena banyak Lulusannya bekerja di RS Murni Teguh. Kami melihat bahwa kurikulum yang diterapkan di Stikes Wiramedika sudah sangat sesuai dengan kebutuhan di dunia kesehatan dan apa yang kita butuhkan di rumah sakit, sehingga kami tidak ragu untuk mencari tenaga kesehatan yang merupakan lulusan dari Stikes Wiramedika Bali” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp 490 Juta di Kabupaten Buleleng

Manajer HRD RS Kasih Ibu Group, Ida Ayu Karina Putri sangat mengapresiasi kegiatan job fair kesehatan yang dilaksanakan oleh Stikes Wiramedika Bali, karena sangat bermanfaat bagi lulusan dan organisasi kesehatan yang membutuhkan tenaga kesehatan berkualitas.

“Kami dari RS Kasih Ibu sangat membutuhkan tenaga kesehatan yang berkualitas, dan Stikes Wiramedika Bali merupakan Perguruan Tinggi kesehatan yang mampu memenuhi kebutuhan kami akan tenaga kesehatan berkualitas. Kami melihat bahwa kurikulum pendidikan dari Stikes Wiramedika Bali sudah sangat sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja, namun untuk supplay tenaga kesehatan perlu lebih diperbanyak karena kami memiliki banyak layana kesehatan” ungkapnya.

Ketua Alumni Stikes Wira Medika Bali, Ns. I Made Mahardika, S.Kep., MM., sangat mengapresiasi kegiatan Job Fair Kesehatan yang diselenggrakan oleh Stikes Wiramedika Bali, mengingat kegiatan ini pertama kali dilaksanakan bahkan oleh instansi pendidikan yang ada di bali.

“Job Fair kesehatan ini sangat luar biasa, karena Stikes Wiramedika Bali mengundang Rumah Sakit ternama di bali untuk merekrut tenaga kesehatan yang merupakan lulusan dari Stikes Wiramedika. Saya sebagai ketua alumni sangat bangga karena Stikes Wiramedika sudah menyediakan peluang kerja lebih awal kepada para lulusannya” jelasnya.

Dalam Job Fair Kesehatan ini, calon wisudawan dari Stkes Wiramedika Bali yang akan diwisuda pada bulan oktober mendatang, berkesempatan secara langsung melakukan sesi wawancara dengan pihak rumah sakit yang membutuhkan tenaga kesehatan. (kbh5)

Related Posts