October 14, 2024
Daerah

Graha Wicaksana Bersama Rai Wirata Terima KKL Mahasiswa UNY

Badung -kabarbalihits

Ketua Komisi IV DPRD Badung, Nyoman Graha Wicaksana bersama Sekretaris Komisi I Made Rai Wirata menerima kunjungan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (11/9) di ruang Madya Gosana kantor DPRD Badung.

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Dosen Pendamping, Cucu Sutrisno mengatakan, mahasiswanya saat ini tengah melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Pada Prodinya salah satu kajiannya adalah politik, pemerintahan, hukum dan moral. Untuk itulah mereka melaksanakan kunjungan ke DPRD Badung. “Menurut kami DPRD Badung ini sangat cocok kami kunjungi untuk memberikan ilmu kepada mahasiswa. Sehingga kami mohon izin agar mahasiswa kami bisa menggali beberapa pengetahuan dari DPRD Badung ini,” ujarnya.

Nyoman Graha Wicaksana mengucapkan selamat datang kepada para Dosen Pendamping dan Mahasiswa FISHIPOL UNY. “Bersyukur kita bisa bertemu dan berdiskusi. Mungkin dalam kunjungan ini mari kita diskusikan hal-hal yang bisa kita didiskusikan,” ujarnya.

Graha Wicaksana memaparkan, DPRD Badung dan Pemkab Badung memiliki motto Cura Dharma Rakcaka yang artinya selalu membela kebenaran. “Tentu apa yang menjadi kepentingan masyarakat tentu harus kita tangani,” terangnya.

Visi Kabupaten Badung adalah melanjutkan kebahagiaan masyarakat Badung melalui pembangunan yang berlandaskan Tri Hita Karana. Tri Hita Karana ini berkaitan dengan kearifan lokal Bali. Tri Hita Karana artinya tiga penyebab kebahagiaan atau tiga hubungan harmonis. Tri Hita Karana tersebut yakni hubungan harmonis dengan Tuhan, hubungan harmonis dengan sesama dan hubungan harmonis dengan alam. “ Jadi memang ada tiga hal yang kita adopsi untuk visi dan misi dari Kabupaten Badung. Ini adalah warisan dari nenek moyang kami,” paparnya.

Kabupaten Badung terdiri dari enam kecamatan yakni Petang, Abiansemal, Mengwi, Kuta, Kuta Utara dan Kuta Selatan. Kabupaten Badung tidak diwarisi oleh kekayaan alam seperti daerah lain misalnya Kalimantan. Namun, Bali khususnya Badung diwarisi seni, adat budaya yang selama ini menjadi tulang punggung pariwisata. “Kalau kita lihat secara situasi geografis Bali dan Lombok itu hampir sama. Misal daya tarik wisatanya sama-sama pantai. Tetapi yang membedakan adalah adat, budaya, keramah-tamahan, serta keterbukaan dari masyarakatnya itulah yang menjadi kelebihan Bali khususnya Badung ini,” terang politisi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Kembali Gelar Lomba Gerak Jalan, Peserta Wajib Vaksin Covid-19

Sementara, Sekretaris Komisi I Made Rai Wirata menyampaikan, terimakasih karena Dosen dan Mahasiswa UNY sudah memilih Badung untuk menjadi tempat KKL. Pihaknya menjelaskan, Badung sangat menjaga tradisi, seni, adat dan budayanya. Sehingga, bisa menjadi daya tarik promosi pariwisata dunia. “Tentu apa yang menjadi tujuan adik-adik mahasiswa datang ke Badung ini mari kita diskusikan. Masukan adik-adik yang melihat Badung dari sisi luar ini bisa kita cerna, sehingga Badung ini bisa lebih baik kedepannya,” imbuhnya.kbh6.

Related Posts