October 24, 2024
Daerah Nasional

Kunjungan Sekretariat DPRD Badung Bersama Media Online Ke Samarinda : Geliat Kota Penyangga IKN

Samarinda – kabarbalihits

Kota Samarinda yang berjarak 124 km dari Ibu Kota Negara (IKN) telah merasakan banyak dampak positif dari keberadaan IKN. Demikian terungkap dalam Kunjungan Kerja Sekretariat DPRD Kabupaten Badung bersama awak media online dan tim ahli Komisi III DPRD Badung ke DPRD Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada Kamis (5/9/2024).

Kunjungan Kerja Sekretariat DPRD Kabupaten Badung bersama awak media online dan tim ahli Komisi III DPRD Badung dipimpin Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Badung I Putu Ngurah Thomas Yuniarta. Rombongan diterima Plt Kabag Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Kota Samarinda, Syaiful Bahri, didampingi Subkor persidangan dan Risalah, Lina Ernita, serta Subkor Fasilitasi Anggaran, Nova Husni.

Pada kesempatan tersebut Plt. Kabag Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Kota Samarinda, Syaiful Bahri mengungkapkan keberadaan Kota Samarinda yang sekarang menjadi salah satu kota penyangga IKN. IKN yang berjarak 124 km dari Kota Samarinda dapat ditempuh sekitar 2,5 hingga 3 jam melalui jalan tol. Meski masih dalam proses pengerjaan, keberadaan IKN telah banyak memberi manfaat bagi Kota Samarinda, diantaranya dalam jumlah kunjungan, perkembangan infrastruktur, dan pertumbuhan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi kita sekitar 8 persen. Itu melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Kalau nasional kan 5,8 %. Dampak yang kita rasakan luar biasa sekali. Inflasi juga kita bisa tekan, di angka yang normal. Untuk dampak negatif sampai saat ini belum kita rasakan,” kata Syaiful Bahri.

Lebih lanjut Syaiful Bahri mengatakan Kota Samarinda mengandalkan PAD dari sektor jasa dan UMKM. APBD pada tahun 2024 mencapai nilai Rp 5,6 Triliun dengan PAD sekitar Rp 840 Milyar.

Terkait keberadaan DPRD Kota Samarinda, Subkor persidangan dan Risalah, Lina Ernita mengatakan DPRD Kota Samarinda terdiri atas 45 anggota. Seperti daerah-daerah lain, saat ini DPRD Kota Samarinda juga masih berproses dalam pembentukan Alat Kelengkapan Dewan periode 2024-2029.

“Terkait komposisi fraksi kita masih berproses. Saat ini baru ada 6 fraksi yang mengajukan surat. Untuk sisa yang lain masih berproses. Fraksi terbesar itu Gerindra, kemudian Golkar, kemudian PDI Perjuangan,” jelas Lina Ernita.

Sementara Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Badung, I Putu Ngurah Thomas Yuniarta berharap kunjungan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar daerah sekaligus berbagi pengalaman terkait kinerja Sekretariat DPRD serta pengelolaan media dalam publikasi kegiatan DPRD.

“Tujuan utama kami adalah mempererat tali silaturahmi dan berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan di DPRD Kota Samarinda,” kata Ngurah Thomas Yuniarta.

Baca Juga :  Optimalisasi Peran Lembaga Inkubator, Kemenko Perekonomian RI Kunjungi Inkubator Bali Entrepreneur Collaborator

Kunjungan Sekretariat DPRD Kabupaten Badung bersama awak media mendapat apresiasi positif dari Plt. Kabag Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Kota Samarinda, Syaiful Bahri. Menurutnya sinergi antara Sekretariat DPRD bersama media dalam melakukan kunjungan kerja merupakan sesuatu yang tidak semua daerah bisa melakukannya.

“Kabupaten Badung bisa bersinergi dengan media, khususnya media online. Ini hal yang luar biasa sekali. Bagaimanapun media ini kan perpanjangan tangan yang menyiarkan seluruh kegiatan DPRD,” ungkap Syaiful Bahri. (kbh7)

Related Posts