October 14, 2024
Pendidikan

Terima 67 Mahasiswa Baru, Warmadewa International Program Dorong Pariwisata Pendidikan di Bali

Denpasar- kabarbalihits

Universitas Warmadewa kembali menerima sebanyak 67 mahasiswa baru untuk Program Internasional melalui Warmadewa International Program (WIP), yang dikelola oleh Fakultas Sastra Universitas Warmadewa (FS Unwar). Pada WIP angkatan ke-16 ini, Universitas Warmadewa semakin menegaskan posisinya dalam mendukung educational tourism, sebuah konsep wisata pendidikan yang diharapkan dapat memperkuat sektor pariwisata Bali.

Acara “Orientation Day” untuk WIP Batch 16 digelar pada Senin (2/9/2024) di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Warmadewa. Kegiatan ini dihadiri oleh 67 mahasiswa internasional yang berasal dari 9 (sembilan) negara berbeda. Negara-negara tersebut termasuk Jerman dengan 9 mahasiswa, Belanda 4 mahasiswa, Perancis 18 mahasiswa, Denmark 30 mahasiswa, Austria 2 mahasiswa, Korea Selatan 2 mahasiswa, Swedia 2 mahasiswa, serta masing-masing 1 mahasiswa dari Polandia dan Turki.

Selama satu semester, para mahasiswa internasional ini akan mengikuti berbagai kegiatan dalam WIP, yang meliputi workshop, kuliah, excursi, dan liburan. Kegiatan workshop yang diadakan antara lain latihan tari Bali, permainan gamelan, belajar memasak hidangan khas Bali, dan membuat canang. Program ini juga menciptakan kolaborasi antara mahasiswa internasional dan mahasiswa lokal Fakultas Sastra Unwar.

Dekan Fakultas Sastra Unwar, Dr. Drs. I Wayan Ana, M.Hum, menyampaikan bahwa WIP tahun ini menandai perubahan dalam dominasi peserta. “Biasanya, Finlandia menjadi negara dengan jumlah peserta terbanyak, namun kali ini, Denmark mendominasi. Lebih mengejutkan lagi, kami menerima peserta dari Korea Selatan. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Warmadewa semakin diminati di dunia internasional,” ujarnya. Dekan juga menambahkan, “Kami berharap ke depan, tidak hanya peserta dari Eropa, tetapi juga dari Asia dan Australia. Program ini bukan sekadar wisata, tetapi juga wisata pendidikan”.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Warmadewa, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, menegaskan bahwa kedatangan mahasiswa internasional ini menambah semangat bagi universitas.

Baca Juga :  Pujawali Pura Ratu Gede Dalem Pasek dan Pura Pusering Jagat Banjar Bale Agung Cemagi

“Dengan akreditasi unggul yang kami miliki, Warmadewa telah dikenal luas di kancah internasional. Setiap semester, mereka datang dan berkolaborasi dengan mahasiswa lokal. Mereka merasakan keunikan budaya Bali melalui berbagai mata kuliah bernuansa lokal yang mereka ikuti selama enam bulan,” jelasnya.

Prof. Pandit berharap, para mahasiswa ini dapat menjadi duta yang mempromosikan Bali setelah kembali ke negara masing-masing.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si, juga mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian WIP.

“WIP adalah kebanggaan bagi yayasan kami. Program ini menunjukkan progres yang sangat menggembirakan dengan antusiasme tinggi dari mahasiswa asing yang ingin belajar di Warmadewa. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk go internasional, sekaligus mempromosikan Bali sebagai tujuan wisata pendidikan dengan budaya dan tradisi yang kaya,” tuturnya.

Dengan keberhasilan WIP tahun ini, Universitas Warmadewa diharapkan terus menjadi pilihan utama bagi mahasiswa internasional yang ingin menggabungkan studi akademis dengan pengalaman budaya yang kaya di Bali.(kbh2)

Related Posts