October 14, 2024
Pendidikan

Sinergi Dengan Dunia Industri, Jurusan Pariwisata PNB Gelar Open House

Badung – kabarbalihits 

Sinergi antara dunia pendidikan dan industri pariwisata sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia bidang kepariwisataan, menyongsong masa depan pariwisata yang berkelanjutan. Demikian terungkap dalam Open House Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali (PNB), pada Kamis (29/8/2024) di Gedung Widya Padma, Kampus PNB Bukit Jimbaran, Badung.

Open House Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali menghadirkan puluhan mitra industri, SMK, dan berbagai stakeholder yang telah menjalin kerjasama dengan Jurusan Pariwisata PNB. Ketua Jurusan Pariwisata PNB, Dr. Ni Nyoman Sri Astuti, SST.Par., M.Par. mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk semakin mempererat kolaborasi antara Jurusan Pariwisata PNB dengan dunia industri yang telah terjalin baik. Kolaborasi tersebut tidak hanya sebatas penyediaan tempat praktek kerja mahasiswa, namun juga pelibatan dunia industri dalam penyusunan kurikulum. Bahkan, Jurusan Pariwisata PNB juga memiliki kelas kerjasama dengan sejumlah mitra industri.

“Kolaborasi kita sudah cukup baik, ini terbukti dengan adanya kelas kerjasama. Kita sekarang memiliki kelas kerjasama dengan Ritz Carlton, kelas kerjasama dengan The Kempinski Bali, kelas kerjasama dengan Conrad Bali, dan satu kelas kerjasama dengan kampus di China. Jadi saat ini dengan program ini kita ingin memelihara hubungan ini supaya jauh lebih baik lagi. Jadi kita sama-sama membutuhkan. Di satu sisi kita sebagai pencetak tenaga kerja, bagaimana lulusan kita bisa diterima di industri. Industri juga mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan apa yang mereka inginkan,” ungkap Sri Astuti.

Open House Jurusan Pariwisata PNB juga diisi dengan talkshow yang menghadirkan narasumber Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si., General Manager of Conrad Bali, Kevin Girard, serta moderator, Dr. I Ketut Budarma, M.Par.,MMTHRL. Talkshow ini membahas pentingnya sinergitas dunia pendidikan dan industri dalam memberdayakan masa depan pariwisata.

Baca Juga :  Wisuda ke 60, UNHI Akan Menjadi Universitas Pencetak Pengusaha

Pada kesempatan tersebut Ketua PHRI Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. mengatakan perkembangan pariwisata Bali harus terus dijaga agar tidak merusak alam, manusia, dan budaya Bali. Dirinya juga menyambut baik upaya dari Jurusan Pariwisata PNB yang terus bersinergi dengan dunia industri, sehingga terjalin kesesuaian antara teori dan praktek dalam pendidikan pariwisata.

“Sinergi ini penting bagi dunia pendidikan ke depan, karena mereka tidak hanya berorientasi pada teori saja, tetapi juga bagaimana dunia nyata yang mereka lihat. Yang kedua, sekaligus nanti memperkenalkan lulusan-lulusan PNB ini kepada pasar, hotel, industri yang akan menggunakan mereka,” katanya.

Sementara General Manager Conrad Bali, Kevin Girard mengatakan pariwisata Bali ke depan perkembangannya masih sangat cerah. Semua pelaku pariwisata harus mengambil peran dalam menjaga keberlangsungan pariwisata tersebut edngan ikut menjaga Bali.  Kevin Girard juga mengapresiasi Jurusan pariwisata PNB yang telah menjalin kolaborasi dengan sangat baik dengan dunia industri.

“Kolaborasi kami dengan PNB sangat baik sekali. Komunikasi terjalin dengan baik. Kami bisa mengungkapkan tantangan yang kita hadapi dan bagaimana kita bisa mengatasinya bersama. Kualitas mahasiswa PNB yang bergabung dengan kami juga sangat bagus. Hal itu tercermin dari komentar yang kami dapatkan dari tamu-tamu kami,” ungkap Kevin.

Sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik, Jurusan Pariwisata PNB menyerahkan 21 Tes TOEIC dari Unit Bahasa PNB kepada Mitra Industri. Disamping itu juga diserahkan award kepada mitra industri, SMK, dan stakeholder yang telah berperan dalam kemajuan Jurusan Pariwisata PNB, serta penandatanganan MoU baru dengan sejumlah mitra industri. (kbh5)

Related Posts