October 14, 2024
Daerah Politik

Bawaslu Badung Awasi Proses Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Badung

Badung – kabarbalihits

Bawaslu Badung- Hari terakhir pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Badung dimeriahkan dengan kedatangan 2 (dua) paket bakal paslon yaitu Paket ADI-CIPTA dan Paket SUYA-DINATA yang bertandang ke Kantor KPU Kabupaten Badung, Graha Pemilu Alaya Giri Nata, Denpasar, Kamis (29/08).

Bakal paslon pertama yang hadir yaitu Paket ADI-CIPTA bersama iring-iringan pendukungnya yang tiba di Kantor KPU Kabupaten Badung, Graha Pemilu Alaya Giri Nata, pukul 09.30 WITA.

Sedangkan Paket SUYA-DINATA tiba sekitar pukul 15.00 WITA dengan para simpatisan ditambah pertunjukan tari sambutan yang khas.

Bawaslu Kabupaten Badung sejak pagi hari telah mempersiapkan jajaran pengawasnya yang berasal dari jajaran Kabupaten, Kecamatan hingga Desa. Strategi pengawasan ini sebelumnya sudah dirancang dengan matang melalui rapat pada tanggal 26 Agustus 2024. Ketua Bawaslu Kabupaten Badung, I Putu Hery Indrawan membeberkan strategi pengawasannya yaitu dilakukan dengan melibatkan jajaran Pengawas ditingkat Desa (PKD) hingga Panwaslu Kecamatan pada saat pendaftaran Paslon ke kantor KPU Kabupaten Badung, “Jadi pengawasannya dari titik berangkat bakal paslon sampai kantor KPU Badung, kami pastikan tidak ada pelanggaran, namun kami utamakan pencegahan dulu” ungkapnya.

Mekanisme pendaftarannya, LO partai pengusung menyampaikan dokumen-dokumen ke operator SILON dari KPU Badung, kemudian diperiksa satu-persatu berkas tersebut dan ditampilkan dihadapan Bawaslu dan para bakal calon.  Penerimaan kelengkapan berkas dipimpin oleh Anggota KPU Badung, I Nyoman Dwi Suarna Artha bersama 4 (empat) orang staf KPU Badung. Kemudian, pemeriksaan dokumen dilaksanakan bersamaan antara dokumen fisik dan dokumen yang diunggah di SILON.

Pada saat penerimaan dan pemeriksaan, Bawaslu Kabupaten Badung memeriksa dengan cermat dan teliti hasil pekerjaan KPU Badung melalui alat kerja tersendiri mempedomani Surat Edaran Bawaslu RI nomor 95 tahun 2024 tentang Pengawasan Tahapan Pendaftaran Paslon. Anggota Bawaslu Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta sebagai penanggungjawab pengawas tahapan pencalonan memberikan keterangan bahwa hasil pemeriksaan dokumen saat ini sudah lengkap semua. “Berdasarkan pengawasan kami, dokumen sudah lengkap semua, dan selanjutnya menurut KPU, keduanya harus dilaksanakan tes kesehatan” terangnya. 

Baca Juga :  Walikota Jaya Negara Saksikan Pengukuhan Bendesa Adat Penatih

Seluruh jajaran pimpinan Bawaslu Kabupaten Badung hadir pada kegiatan penerimaan berkas itu, termasuk Anggota Bawaslu Kabupaten Badung, Rachmat Tamara yang telah mengatur strategi pencegahan sebelum dan selama pengawasan hari terakhir ini. “Kami mengerahkan jajaran staf untuk mengawasi sampai pendaftaran ditutup pukul 23:59 wita, kami pastikan KPU Badung tetap melayani siapapun yang ingin daftar di hari terakhir ini” pungkas Rachmat. (r).

Related Posts