October 14, 2024
Daerah

Tes Seleksi Mahasiswa Baru Prodi Hukum S3 Pascasarjana Unwar

Denpasar -kabarbalihits

Program Studi (Prodi) Hukum Program Doktor (S3) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) menggelar tes seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025, Senin (12/08/24) di Gedung Merdeka Warmadewa College. Tercatat 14 orang yang mendaftar dan 8 orang yang mengikuti tes dengan sistem CBT berupa Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan Tes Kemampuan Berbahasa Inggris (TKBI). Sedangkan, tes wawancara dilaksanakan, Selasa (13/08/24).

Dekan Pascasarjana Unwar, Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati, S.H.,M.Hum.,yang ditemui disela pelaksanaan tes menyampaikan proses pembelajaran pada Prodi Hukum dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan secara maksimal dengan sistem hybrid baik offline maupun online.

“Saya kira proses pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini terbukti dengan 17 orang alumni kami sudah lulus di Prodi Hukum Program Doktor ini,”ungkapnya.

Prof Mahendrawati juga menyatakan calon mahasiswa yang mengikuti seleksi kali ini merupakan angkatan ke-5. “Setelah mengikuti TKDA dan TKBI seluruh calon mahasiswa baru ini akan mengikuti tes wawancara di Kampus Warmadewa,”paparnya.

Melalui visi keilmuan Prodi Hukum Program Doktor Pascasarjana Unwar yakni Hukum Bisnis dan Kepariwisataan, Prof. Mahendrawati meyakini sangat linear dengan apa yang dibutuhkan Bali saat ini sebagai daerah tujuan wisata dunia, tentu memerlukan ahli -ahli hukum khususnya dalam bidang bisnis dan kepariwisataan. “Dengan keunikan Prodi Hukum Program Doktor, tentunya akan menambah minat masyarakat yang tidak terbatas pada masyarakat Bali saja. Namun, masyarakat yang ada diseluruh daerah tentu juga akan berminat untuk kuliah di Prodi Hukum Program Doktor Pascasarjana Universitas Warmadewa. Hal ini juga kami buktikan dengan adanya mahasiswa asing pada setiap angkatan diantaranya dari Timor Leste,”bebernya.

Baca Juga :  Sambut HUT Ke-14 Ibukota Mangupura, PKK Badung Gelar Lomba Busana

Selain itu promosi keberadaan Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa juga senantiasa dilakukan. Salah satunya melalui kerjasama riset, pengabdian dan visiting profesor di daerah maupun diluar negeri, sehingga meningkatkan minat mahasiswa dari luar negeri untuk mengikuti perkuliahan di Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa.

Prof. Mahendrawati berharap kedepan kontribusi Universitas Warmadewa khususnya Fakultas Pascasarjana mampu melahirkan ilmuan-ilmuan yang sedang diminati oleh masyarakat dan dibutuhkan oleh pemerintah karena terkait dengan Hukum Bisnis dan Kepariwisataan yang memang memerlukan suatu pemikiran mendalam, maupun kajiannya. Terkait investasi, investor, pertanahan maupun aturan -aturan yang berdaya saing internasional. “Artinya bagaimana orang -orang asing yang ingin berinvestasi /berbisnis di Bali ini bisa mengikuti aturan-aturan yang berlaku di Indonesia maupun Peraturan Daerah (Perda)  yang ada termasuk pelaksanaan UU Cipta Kerja, serta dapat mengakomodir tenaga kerja lokal agar dapat menikmati hasil investasi dari orang asing,”tukasnya.

Sementara, sampai saat ini Program Studi (Prodi) Doktor Hukum Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa memiliki mahasiswa aktif sebanyak 50 orang mahasiswa, dengan 17 orang alumni. (kbh6).

Related Posts