October 14, 2024
Pendidikan

Promosi Doktor Pascasarjana Unwar, Hadirkan Pomovendus Ridwan Sidharta, ST., SH., M.Kn., M.H

Denpasar-kabarbalihits

Program Studi (Prodi) Hukum Program Doktor, Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar ujian terbuka promosi doktor dengan promovendus Ridwan Sidharta, ST., SH., M.Kn., M.H. Acara ini berlangsung di ruang Sri Wijaya Mahadewi, lantai IV Gedung Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa, sabtu (3/8).

Dalam ujian terbuka tersebut, Ridwan Sidharta mempresentasikan disertasinya yang berjudul “Hak Ingkar Notaris dalam Proses Penegakan Hukum atas Akta Notariil”. Disertasi ini mengangkat isu penting mengenai perlindungan notaris dari penyidik yang kerap kali mengambil akta dan notaris untuk diproses dalam hukum.

“Sebagai notaris, saya mengangkat disertasi ini untuk melindungi notaris dari penyidik. Fenomena yang terjadi adalah penyidik sering mengambil akta dan memproses notaris dalam hukum, padahal notaris diangkat dan diberi kewenangan oleh negara. Sudah saatnya negara hadir untuk memberikan perlindungan tersebut,” ungkap Ridwan Sidharta setelah dinyatakan lulus dalam ujian promosi doktor tersebut.

Ia berharap, di masa depan, notaris tidak lagi dengan mudah dipanggil sebagai saksi dalam kasus hukum, mengingat akta notaris sudah menjadi bukti yang konkret dan sempurna. Dengan demikian, seharusnya notaris tidak perlu lagi dipanggil untuk memberikan kesaksian.

Dekan Fakultas Pascasarjana Unwar, Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati, SH.,M.Hum memberikan apresiasi tinggi atas disertasi yang dipresentasikan oleh Ridwan Sidharta. Menurutnya, penelitian ini sangat penting karena menyentuh aturan yang berkaitan dengan notaris sebagai pejabat publik. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa penelitian lebih mendalam diperlukan agar ilmuwan yang lulus dengan gelar doktor dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, terutama dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan notaris.

“Notaris sebagai pejabat publik harus melaksanakan tanggung jawab serta kepastian hukum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara luas,” tambah Dekan Fakultas Pascasarjana Unwar.

Baca Juga :  Bupati Badung Tutup Kejuaraan Bola Voli SBC Cup Il Banjar Dama

Ujian terbuka dan promosi doktor ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman dan praktik hukum di Indonesia, khususnya dalam bidang kenotariatan.(kbh2)

Related Posts