October 14, 2024
Pendidikan

Peringatan HUT ke-40 Fakultas Sastra Unwar : Banjir Kado Spesial, Apa Saja Itu?

Denpasar-kabarbalihits

Kebahagiaan tak terhingga dirasakan oleh civitas akademika Fakultas Sastra Universitas Warmadewa (Unwar) dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-40 mereka. Puncak perayaan yang diadakan pada Jumat (2/8) di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama dipenuhi dengan berbagai penghargaan dan prestasi yang membanggakan.

Prestasi pertama yang diraih adalah akreditasi unggul yang diperoleh oleh Fakultas Sastra Unwar. Dekan Fakultas Sastra Unwar, Dr. Drs. I Wayan Ana, M.Hum, menyampaikan bahwa pencapaian ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, terutama orang tua calon mahasiswa, untuk mengirimkan putra-putri mereka ke Fakultas Sastra Warmadewa. “Kado penting lainnya adalah bertambahnya tiga doktor di fakultas sastra. Mereka adalah Dr. Dewa Ayu Kadek Claria, S.S., M.Hum dengan bidang ilmu linguistik fungsional, Dr. Anak Agung Istri Manik Warmadewi, S.S., M.Hum dengan bidang ilmu linguistik kebudayaan, dan Dr. Made Sani Damayanthi Muliawan, S.S., M.Hum dengan bidang ilmu linguistik ekowisata,” ungkapnya.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan kebanggaannya atas usia 40 tahun Fakultas Sastra Unwar, satu-satunya fakultas di antara 9 fakultas di Unwar yang telah mencapai usia tersebut. Rektor  menambahkan bahwa akreditasi unggul yang diraih Fakultas Sastra merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi seluruh civitas akademika dan alumni Fakultas Sastra. “Dengan akreditasi unggul ini, dampaknya akan sangat luar biasa, baik bagi Fakultas Sastra itu sendiri maupun bagi Universitas Warmadewa,” harap Prof. Pandit.

Terkait pengembangan lembaga, rektor berharap kiprah Fakultas Sastra tidak berhenti di sini saja. “Akan ada penambahan program studi baru, yaitu Prodi di bidang komunikasi dan budaya yang diharapkan segera terwujud,” imbuhnya.

Fakultas Sastra Unwar juga didorong untuk menuju sertifikasi internasional, sehingga ke depannya fakultas ini dapat menjadi idaman bagi masyarakat Bali, serta di tingkat nasional dan internasional.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si, berharap Fakultas Sastra bisa menjadi pemicu dalam memberikan layanan, inovasi, dan peningkatan mutu pelayanan. Ia menekankan pentingnya Fakultas Sastra sebagai pembuka jalan dalam mewujudkan visi Universitas Warmadewa melalui Warmadewa International Program yang telah berjalan hingga batch ke-15.

Baca Juga :  Rencana Lokasi Proyek Besar Pusat Kebudayaan Bali Terkendala Rawan Bencana

Dalam rangka BKFS ke-40, Fakultas Sastra Unwar mengusung tema “Foster our Solidarity”. Berbagai kegiatan berbahasa Inggris diselenggarakan, seperti lomba puisi, short story telling, dan lomba pidato. Pada momen tersebut, penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa berprestasi, di antaranya Ni Putu Krishna Devani Paramjyo, Novia Mudzayyanah, Ni Komang Satya Dewi Satwika, dan Joshua, yang telah meraih berbagai prestasi di tingkat nasional dan internasional. (kbh2)

Related Posts