October 13, 2024
Pendidikan

Hattrick!! Tiga Dosen Fakultas Sastra Unwar Raih Gelar Doktor dalam Dua Minggu, Teranyar Dr. Made Sani Damayanthi Muliawan, S.S., M.Hum

Denpasar-kabarbalihits

Kebahagiaan meliputi Universitas Warmadewa (Unwar), khususnya Fakultas Sastra, setelah tiga dosen mereka berhasil meraih gelar doktor dalam dua minggu terakhir. Teranyar, Made Sani Damayanthi Muliawan, kamis (1/8) berhasil lulus dalam ujian terbuka promosi doktor pada Program Studi Ilmu Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana (Unud) dengan predikat sangat memuaskan.

Dalam disertasinya, Dr. Made Sani Damayanthi Muliawan, S.S., M.Hum, berhasil meraih prestasi akademis tertinggi dengan kajian tagar pelestarian lingkungan pada media sosial Instagram. Penelitian ini menganalisis tiga aspek utama: representasi pelestarian lingkungan melalui interaksi relasi pada tagar Instagram dari sudut suprastruktur, bentuk-bentuk satuan lingual yang digunakan pada tagar pelestarian lingkungan oleh akun-akun pelestarian lingkungan di Instagram dari sudut mikrostruktur, dan kekuatan bahasa pada tagar di media sosial Instagram terhadap pelestarian lingkungan.

Menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini mengambil data dari akun Instagram yang dikelola oleh organisasi masyarakat, akun kampanye, dan akun pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tagar pelestarian lingkungan muncul dalam berbagai bentuk, seperti headline, bodycopy, dan signature line dalam unggahan Instagram. Bentuk satuan lingual yang ditemukan adalah frasa dan klausa, yang menonjolkan dan membingkai pikiran pengguna Instagram dalam upaya pelestarian lingkungan.

Dekan Fakultas Sastra Unwar, Dr. Drs. I Wayan Ana, M.Hum, menyatakan kebahagiaan dan kebanggaannya atas prestasi ini. “Jika di dunia sepak bola ini namanya hattrick! Yang lebih membanggakan lagi, kajian ini sangat sesuai dan mendukung visi Warmadewa yang berwawasan lingkungan,” ujarnya.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, juga mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini. “Universitas Warmadewa memang kebanjiran doktor baru, khususnya dosen dari Fakultas Sastra. Harapan saya, mereka dapat mengembangkan institusi dan menjadikan fakultas ini lebih berdaya saing,” katanya.

Baca Juga :  Universitas Udayana Jadi Host Pelaksanaan International Conference iiWAS 2023 dan MoMM 2023

Dr. Made Sani Damayanthi Muliawan, S.S., M.Hum, kini tercatat sebagai doktor ke-15 di Fakultas Sastra dan doktor ke-151 di Unwar, sebuah pencapaian yang semakin mengukuhkan reputasi akademik universitas tersebut.(kbh2)

Related Posts