October 14, 2024
Pendidikan

Prodi Kewirausahaan Kado Istimewa Wisuda XXIV STISIP Margarana Tabanan

Denpasar – kabarbalihits

Penantian panjang Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Margarana Tabanan untuk menambah prodi baru akhirnya berbuah manis. Setelah lama dinanti dengan mengikuti proses yang berlaku, akhirnya Kemendikbudrisetdikti mengeluarkan ijin untuk pembukaan Program Studi (Prodi) Kewirausahaan di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STSIP) Margarana Tabanan.
Surat Keputusan (SK) pembukaan prodi tersebut diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII, I Gusti Lanang Bagus Eratodi disela upacara Wisuda XXIV STISIP Margarana Tabanan, di Hotel Hariis Pop Denpasar, Selasa (30/7).

Turut hadir dalam upacara wisuda yang diikuti 45 orang wisudawan tersebut, pengurus Aptisi Bali, Perwakilan Perguruan Tinggi Swasta se Bali dan undangan lainnya.

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Margarana, Drs. I Wayan Madra Suartana,M.Si didampingi Waka I Bidang Akademik STISIP Margarana Tabanan Ketut Sukanta menyatakan sangat mengapresiasi kerja keras dosen dan seluruh civitas akademika yang ada, karena sejak dahulu sudah menginginkan adanya tambahan prodi Baru di STISIP Margarana Tabanan.

“Dulu tambahan prodi yang diajukan adalah Ilmu Administrasi Niaga sekarang berubah menjadi Prodi Kewirausahaan. Dengan terbitnya ijin ini, kami sangat mengapresiasi teman -teman di STISIP Margarana Tabanan,”ungkapnya.

Madra Suartana juga menegaskan dengan terbitnya ijin Prodi Kewirausahaan sekaligus menepis ancaman STISIP Margarana digabungkan dengan perguruan tinggi lain. Karena Sejak dahulu pihaknya menginginkan apapun caranya tambahan prodi di STISIP Margarana dapat diwujudkan atau dikembangkan.

“Prodi Kewirausahaan yang merupakan tuntutan kekinian adalah suatu kebanggaan bagi kami. Kami dari yayasan akan mendorong terus untuk semua elemen bekerja keras. Jadi tidak hanya prodi, namun juga dengan terakreditasinya STISIP Margarana sangat membawa dampak dalam peningkatan kepercayaan masyarakat kepada STISIP Margarana. Prodi baru dan akrediatasi ini menjadi keistimewaan kami ditahun 2024 ,”paparnya.

Baca Juga :  Raih Medali Perak di Thailand, Sekelompok Siswa SMAN 1 Denpasar dan Siswa SD Cipta Dharma Harumkan Nama Indonesia

Tak hanya itu membuka peluang kerja bagi lulusan yang belum bekerja, STISIP Margarana Tabanan juga telah menjalin kerjasama dengan Queen International Bali untuk lulusan yang ingin bekerja di luar negeri baik darat maupun pelayaran.

“Ini solusi dari kami. Walaupun mereka belum mempunyai biaya, kami akan berusaha membantu agar mereka bisa berangkat. Ini upaya kami untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan,”tegasnya.

Sementara, Ketua STISIP Margarana Tabanan, I Gusti Ngurah Agung Bagus Widiana menyatakan terima kasih kepada Kementrian Pendidikan Risetdikti yang telah menerbitkan ijin Prodi Kewirausahaan pada STISIP Margarana Tabanan.

Wisuda Sarjana XXIV STISIP Margarana Tabanan lanjut Bagus Widiana diikuti 45 orang lulusan dari Prodi Ilmu Administrasi Negara.

Dengan demikian STISI Pargarana Tabanan sampai saat ini telah meluluskan 1000 lebih sarjana dengan 90 persen sudah terserap di dunia kerja baik instansi pemerintah, swasta maupun mereka yang berwirausaha.

“Untuk mengembangkan dan memperluas mitra kampus, STISIP Margarana telah menjalin kemitraan melalui MoU dengan beberapa instansi pemerintah swasta di Bali serta perguruan tinggi di Bali dan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan kualitas STISIP Margarana,”ujarnya.

STISIP Margarana Tabanan kata Bagus Widiana juga melakukan evaluasi melalui monitoring kepada mahasiswa dan dosen dalam hal pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam mengisi Beban Kerja Dosen (BKD).

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada wisudawati berprestasi dengan IPK tertinggi diantaranya Gusti Ayu Made Manik Prahandari, Ni Putu Widya Sriani serta Ni Luh Putu Dian Sartini. (kbh6)

Related Posts