October 14, 2024
Pendidikan

Pengendalian Penyakit Rabies Melalui Vaksinasi dan Sterilisasi Anjing dan Kucing di Desa Selat, Klungkung

Klungkung-kabarbalihits

Mahasiswa KKN PPM Universitas Udayana (Unud) Periode XXIX Tahun 2024 melaksanakan program vaksinasi dan sterilisasi anjing dan kucing di Desa Selat, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung dan Yayasan Seva Bhuana.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (30/7) di Balai Desa Selat ini dipimpin oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN di Desa Selat, Drh. Luh Made Sudimartini, M.Sc. Dikatakan, tujuan utama dari program ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat Desa Selat guna meningkatkan status kesehatan hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing. “Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mencegah penularan penyakit rabies melalui vaksinasi dan sterilisasi terhadap anjing dan kucing lokal, baik yang bertuan maupun liar,” ungkapnya.

Koordinator Puskeswan Kecamatan Klungkung, Drh. Muliawan, menjelaskan bahwa kegiatan ini difokuskan pada pemilik anjing dan kucing di Desa Selat karena sebelumnya pernah terjadi kasus gigitan rabies di daerah tersebut. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas warga dalam merawat anjing dan kucing peliharaan sehingga tidak ada lagi hewan yang diliarkan,” tambah Drh. Muliawan.

Jumlah hewan yang divaksinasi dalam kegiatan ini adalah 114 ekor anjing dan 9 ekor kucing. Selain itu, sterilisasi juga dilakukan pada 21 ekor anjing dan 5 ekor kucing. Pelayanan kesehatan tambahan berupa pemberian vitamin, obat cacing, dan injeksi ivermectin juga diberikan kepada hewan-hewan tersebut.(r)

Related Posts