October 27, 2024
Daerah Politik

Jelang Pilkada Serentak Diperkirakan Gangguan Kamtibmas Meningkat, Polda Bali Gelar Operasi Cipkon Agung 2024

Denpasar-kabarbalihits

Meminimalisir dan memastikan tidak adanya gangguan Kamtibmas menjelang Pilkada serentak pada 27 November mendatang yang diperkirakan akan meningkat, Polda Bali menggelar Operasi Cipta Kondisi Agung 2024.

Operasi Cipkon Agung 2024 yang dimulai dari 24 Juli hingga 8 Agustus 2024 mendatang akan melibatkan 1.060 personel Satgas Polda Bali, dan 659 personel Polres Jajaran.

Pada Apel kesiapan pasukan Operasi Cipkon Agung 2024 di Mapolda Bali, Rabu (24/7/2024) Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra menyampaikan, berkaca dari pengalaman menjelang Pemilu serentak pada Februari lalu, suhu politik diperkirakan akan semakin meningkat yang disebabkan adanya peningkatan aktivitas dari partai politik beserta simpatisannya, berpotensi menimbulkan gejolak polarisasi masyarakat dan gangguan Kamtibmas.

Oleh karena itu untuk memelihara situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif menjelang tahapan Pilkada tahun 2024, Polda Bali dan jajaran kembali menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi operasi Cipkon Agung 2024.

“sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Polri harus dapat menjaga dan mendukung penyelenggaraan Pilkada agar dapat berlangsung aman, jujur, dan adil,” ucap Kapolda Bali.

Baca Juga :  Hadiri Karya di Merajan Ageng Dalem Benculuk Tegeh Kori Baleran Pecatu, Plt. Bupati Sampaikan Apresiasi dan Haturkan Punia Pribadi senilai Rp 4 juta

Kepala Biro Operasi Polda Bali, Kombes Pol. Soelistijono menambahkan, ada sejumlah hal penting yang diperhatikan dalam operasi kali ini untuk menjaga Kamtibmas menjelang Pilkada mendatang. Dimana Operasi Cipkon Agung 2024 berlangsung selama 16 hari dimulai dari 24 Juli hingga 8 Agustus 2024.

Disebut dari catatan Polda Bali, secara kuantitatif terjadi peningkatan Kamtibmas khususnya kasus menonjol sebesar 26 persen pada semester I tahun 2024, dibandingkan semester II tahun 2023.

“Anev (Analisa dan Evaluasi) dari gangguan Kamtibmas di triwulan kedua 2023 dibandingkan dengan triwulan satu 2024 ini terjadi peningkatan, sehingga untuk menjelang kegiatan tahapan Pilkada ini kita laksanakan Operasi Cipkon Agung ini,” jelas Kombes Pol. Soelistijono. (kbh1)

Related Posts