October 14, 2024
Daerah Politik

Bupati Giri Prasta Buka “Kuwum Festival” 2024, Puji Kemajuan Desa Kuwum

Badung -kabarbalihits

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membuka Kuwum Festival yang ditandai dengan penancapan Kekayon di Rest Area Desa Kuwum, Jumat (19/7). Kuwum Festival merupakan Festival Seni Budaya dan Pameran UMKM yang dilaksanakan sebagai rangkain HUT ke-22 Desa Kuwum Kecamatan Mengwi.

Turut Hadir Anggota DPRD Bali Dapil Badung Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Badung Dapil Kecamatan Mengwi Wayan Regep dan Made Yudana , Camat Mengwi serta Anggota DPRD Badung terpilih Made Rai Wirata.

Kehadiran Bupati Badung Nyoman Giri Prasta disambut antusias ribuan masyarakat yang memadati Rest Area Desa Kuwum tempat berlangsungnya festival.

Mengawali sambutannya Bupati Giri Prasta menyampaikan rasa bangganya kepada Desa Kuwum. Meski baru berdiri ditahun 2002 namun ditahun 2024 ini sudah menunjukan kemajuan luar biasa.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Badung kepada para tokoh yang pendiri dan Penggagas Desa Kuwum. Karena telah menorehkan sejarah baru, ketika ada ide gagasan dan cita -cita Desa Kuwum ini dimekarkan dengan Desa Sembung, sehingga Desa Kuwum bisa seperti sekarang ini,”ungkapnya.

Bupati Giri Prasta juga memuji gerakan maupun inovasi tokoh masyarakat sekaligus Anggota DPRD Badung Wayan Regep dalam memajukan Desa Kuwum melalui pembangunan dan pengembangan potensi yang ada. Kemudian Bupati Giri Prasta juga menegaskan komitmennya untuk menuntaskan berbagai fasilitas umum yang ada di Desa kuwum sebelum berakhir masa jabatannya sebagai Bupati Badung pada Februari 2025 mendatang.

Pihaknya juga berterima kasih karena Kuwum Festival sudah melibatkan UMKM yang merupakan potensi Desa Kuwum.

“Kami di Pemkab Badung juga telah membuat kebijakan untuk UMKM yang ada di Kabupaten Badung untuk dibina pemerintah Kabupaten melalui Dinas Koperasi dan UKM serta diberikan kemudahan dalam mengakses permodalan di Bank BPD Bali,”paparnya.

Bupati Giri Prasta juga berkesempatan menyerahkan Cinderamata kepada 10 tokoh penggagas dan Pendiri Desa Kuwum.

Sementara, Perbekel Kuwum Ida Bagus Tirtayasa menyampaikan, atas nama Pemerintahan Desa Kuwum dan masyarakat kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dana yang telah diberikan Bupati Giri Prasta untuk pembangunan di Desa Kuwum.

“Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat Desa Kuwum sekaligus Anggota DPRD Badung Pak Wayan Regep yang sudah senantiasa memfasilitasi, sehingga berbagai program di Desa Kuwum dapat berjalan yang tentunya sangat membantu dan meringankan beban masyarakat,”ungkapnya.

Dikatakan Ida Bagus Tirtayasa kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan seni budaya serta memperkenalkan UMKM Desa Kuwum, sesuai yang disampaikan Bupati Giri Prasta yakni Kuwum boleh maju dan berkembang, tapi jangan sampai kemajuan dan perkembangan Kuwum menggerus akar budaya, adat istiadat serta agama yang ada.

“Selain itu hal ini merupakan visi misi kami selaku yang kami tuangkan dalam RPJMDes sebagai komitmen menjaga seni adat dan budaya di Desa Kuwum. Dalam kegiatan ini ditampilkan Gong Kebyar Wanita dan sekaa teruna se Desa Kuwum serta Pameran UMKM berbasis potensi Desa,”paparnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Penutupan Turnamen Bima Nata Cup 2022

Terkait implementasi Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) Kabupaten Badung di Desa Kuwum, meliputi Sandang, Pangan dan Papan, Ida Bagus Tirtayasa memaparkan bantuan kepada petani telah diberikan diantaranya berupa pupuk dan bibit padi serta sarana prasarana pertanian untuk meningkatkan produktivitas petani.  Tak hanya itu, Wisata Alam Dedari yang masih dalam penataan di Desa Kuwum, diyakini akan menjadi destinasi wisata alam baru di Kabupaten Badung.

“Desa Kuwum adalah desa terakhir di Kabupaten Badung yang dimekarkan dari Desa Sembung dan  menjadi desa definitif pada tahun 2022,”bebernya.

Adapun Kuwum Festival akan berlangsung hingga Minggu 21 Juli 2024 mendatang. Kbh6.

Related Posts