October 14, 2024
Seni Budaya

Pura Bandesa Kubayan Batur Resmi Dioperasikan Setelah Renovasi, Krama Gelar Upacara Mlaspas dan Ngenteg Linggih

Bangli-kabarbalihits

Krama pangempon dan panyungsung Pura Bandesa Kubayan Batur mengadakan upacara Mlaspas dan Ngenteg Linggih pada Rabu, 10 Juli 2024, bertepatan dengan Buda Pon Watugunung. Upacara ini menandai peresmian pura setelah proses renovasi yang dimulai sejak 2022 rampung.

Manggala Prawartaka Karya, Guru Nengah Santika, menjelaskan bahwa pura yang berlokasi di Banjar Kerta Budi, Desa Batur Selatan, Kintamani, Bangli, ini merupakan pura kawitan (pemujaan klan) dari Bandesa Kubayan Batur. Rencana renovasi telah ada sejak awal 2020, namun tertunda akibat pandemi Covid-19 hingga akhirnya dimulai pada 2022.

“Melalui paruman pada Mei 2022, kami sepakat untuk gotong royong, ngayah, melaksanakan renovasi pura, yang akhirnya rampung pada Juni 2024. Proses mlaspas dan ngenteg linggih dilakukan pada Rabu, 10 Juli 2024 atau Buda Pon Watugunung Pananggal ke-4 Sasih Kasa i Saka 1946. Upacara ini juga dihadiri oleh Sang Maraga Desa (pimpinan adat) di Desa Adat Batur,” ujar Santika yang juga merupakan Bali Rama Desa Adat Batur.

Persiapan upacara dimulai sejak 1 Juli 2024 dengan makarya (membuat) tetaring. Pada 4 Juli 2024, dilaksanakan matur piuning (pemberitahuan) kepada Sang Maraga Desa dan sulinggih. Pada 5 Juli, digelar ritual nunas toya anyar, maceniga, dan ngolah wewalungan.

“Pada Jumat, 6 Juli 2024, dilaksanakan ritual nunas tirta di Pura Perapen Pingit dan Pura Jati Batur, serta upacara macaru, netegang, ngingsah, dan mabanten bucu,” tambah Petajuh Desa Adat Batur.

Selanjutnya, pada 7 Juli 2024, dilaksanakan upacara nunas tirta kakuluh ke beberapa pura seperti Pura Besakih, Pura Ulun Danu Batur, dan Pura Luhur Lempuyang, serta mapiuning ke pura-pura terkait. Keesokan harinya, diadakan pengambilan pratima, pangulem, dan pamendak. Pada 9 Juli 2024, dilaksanakan upacara Mendak Bhatara Kawitan, Sang Hyang Ibu, Dewa Hyang, serta ngajum padagingan.

Baca Juga :  Aliran Sungai Penet Disulap Jadi Atraksi Wisata, Desa Penarungan Gratiskan Warga untuk Mencoba

“Ritual pamendak dilakukan di tiga tempat, yakni Pura Dalem Batur Let di bekas Desa Batur sebelum erupsi 1926, Pura Dalem Gede Desa Adat Batur, serta merajan salah satu krama yang menjadi tempat penyimpanan sementara duwe-duwe Pura Bandesa Kubayan Batur selama renovasi,” jelasnya.

Puncak karya dilaksanakan pada 10 Juli 2024 dan dilanjutkan dengan nyejer hingga 13 Juli 2024. “Pada 12 Juli, akan diadakan upacara Nyegara Gunung di Segara, dan 13 Juli akan dilaksanakan upacara maprani dan masineb,” tutupnya. (r)

Related Posts