October 14, 2024
Daerah

Menteri AHY Apresiasi Inovasi Layanan LaserJet Kantah Badung

Badung-kabarbalihits

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), memberikan apresiasi tinggi terhadap inovasi Layanan Sertipikat Jemput di Tempat (LaserJet) yang digagas oleh Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Badung. Layanan ini dinilai memberikan kemudahan signifikan bagi masyarakat dalam pengurusan sertipikat tanah.

Saat mengunjungi layanan LaserJet di Desa Adat Kampial, Kuta Selatan, Badung, Kamis (13/6), AHY menyatakan bahwa langkah ini menjadikan proses pengurusan sertipikat lebih aman, mudah, dan efisien. “Masyarakat bisa langsung bertemu dengan petugas BPN tanpa perantara, sehingga lebih efisien dan bebas dari pungutan liar atau waktu yang berlarut-larut,” ujar AHY.

Di tengah persiapan Reforma Agraria Summit 2024 yang akan digelar pada 14-15 Juni di The Meru Sanur, Bali, AHY menyempatkan diri meninjau langsung implementasi LaserJet. Menurutnya, inovasi Kantah Kabupaten Badung ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan LaserJet, masyarakat dapat langsung mengurus layanan pertanahan seperti Peningkatan Hak dan Roya. Jika semua persyaratan lengkap, sertipikat baru dapat diterima pada hari yang sama. Hal ini dimungkinkan berkat penerapan Sertipikat Tanah Elektronik di seluruh Provinsi Bali.

Program LaserJet telah diresmikan sejak 2022 dan kini semakin optimal dengan dukungan Mobil Layanan Elektronik yang diluncurkan AHY pada 21 Mei 2024. Mobil tersebut memperluas jangkauan layanan LaserJet, sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat terlayani.

Baca Juga :  DWP Se-Provinsi Bali Adakan Pertemuan Rutin di Kabupaten Badung

Menteri AHY berharap, terobosan yang dilakukan Kantah Kabupaten Badung ini dapat menginspirasi Kantah lainnya untuk memberikan kemudahan serupa bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan pertanahan.(kbh2)

Related Posts