October 14, 2024
Olahraga

Percasi Denpasar Sukses Gelar Walikota Cup XIV, Wahyu Santoso Aji Juara Kategori Senior

Denpasar – kabarbalihits

Walikota Cup XIV Cabang Olahraga Catur sukses digelar Percasi Denpasar didukung KONI Kota Denpasar. Dalam kejuaraan catur bergengsi tersebut, Pecatur Wahyu Santoso Aji berhasil menjuarai kategori senior putra, sedangkan pecatur Yeslin menjuarai kategori senior putri.

Walikota Cup XIV Cabang Olahraga Catur dilaksanakan selama 2 hari, mulai 1 hingga 2 Juni 2024 di Gedung Kantor Bappeda Provinsi Bali. Kegiatan ini diikuti 120 peserta yang terbagi dalam kategori senior, U-20, U-16, dan U-12. Selain memilih juara untuk keempat kategori tersebut, juga dipilih peserta terbaik untuk kategori U-14 dan U-10.

Ketua Percasi Denpasar, I Wayan Sukarena mengatakan ajang Walikota Cup XIV merupakan kesempatan untuk menjaring atlet-atlet catur muda, sebagai regenerasi bagi atlet catur Kota Denpasar. Dirinya juga sangat senang melihat banyaknya peserta usia muda yang ambil bagian dalam kejuaraan ini. Dengan antusiasme generasi muda tersebut, Wayan Sukarena optimis olahraga catur di Kota Denpasar akan semakin berkembang dan lebih berprestasi.

“Saya suka sekali melihat anak-anak SD sudah mulai main catur, SMP dan SMA juga. Perkembangannya benar-benar pesat di Kota Denpasar. Saya sebagai Ketua Percasi Denpasar, sangat-sangat suka melihat ini. Prestasi atlet-atlet catur sudah sangat berkembang di Kota Denpasar, semoga semakin tahun semakin berkembang pesat,” kata Wayan Sukarena.

Sementara Wakil Ketua Umum KONI Kota Denpasar, I Made Ariel Suardana mengungkapkan apresiasinya kepada Percasi Kota Denpasar serta seluruh peserta Walikota Cup XIV, yang telah berperan serta atas suksesnya kejuaraan ini. Dirinya berpesan agar para atlet yang belum berhasil menjadi juara tidak berkecil hati, dan para juara harus bersiap-siap menghadapi Porprov.

“KONI Denpasar sangat mengapresiasi atlet-atlet yang sudah gigih menunjukkan prestasinya. Kami juga mengingatkan agar atlet yang tidak beruntung kali ini, tidak berhenti di tengah jalan, karena rotasi akan terus terjadi. Yang menang bisa kalah, begitu juga sebaliknya. Yang menang kali ini jangan merasa puas sampai disini, karena ujian berikutnya ada di Porprov nanti. Pengurus sudah pasti menseleksi siapa-siapa yang akan ditampilkan,” ujar Ariel Suardana.

Hal senada diungkapkan Penasehat Percasi Denpasar yang juga seorang Wasit Internasional Catur, I Made Suparka yang mengatakan para peserta Walikota Cup XIV telah memiliki potensi yang bagus. Mereka harus terus menambah jam terbang melalui berbagai pertandingan.

“Saya melihat potensi para pemain sangat bagus, tinggal jam terbang perlu ditambah. Oleh sebab itu, setiap ada pertandingan, semua ikut untuk menambah jam terbang. Karena dalam permainan catur ini lebih banyak hafalan. Setiap Langkah-lagkah, setiap pembukaan perlu dihafal,” kata Made Suparka.

Pada Walikota Cup XIV cabang olahraga catur kali ini,  kategori Senior Putra dijuarai Wahyu Santoso Aji, disusul I Kadek Dwi Suara Saputra sebagai juara kedua, dan A.A.Putu Buda Utama sebagai juara ketiga. Pada Kategori Senior Putri, Yeslin duduk sebagai juara pertama, A.A Made Alma Erika Dian Santhana sebagai juara kedua, dan Ni Wayan Rosita Dewi sebagai juara ketiga.

Pada kategori U-20 Putra, Brian Surjaya duduk sebagai juara pertama, Christian Rio Chandra sebagai juara kedua, dan Frederico Wijaya sebagai juara ketiga. Kategori U-20 Putri, I Gusti Ayu Diah Dwi Rahayu sebagai juara pertama, I Gusti Ayu Made Krisna Maharani sebagai juara kedua, dan Anak Agung Ayu Ratih Patrisia sebagai juara ketiga.

Pada kategori U-16 Putra, I Made Kumbara Putra Isyana Dewata duduk sebagai juara pertama, Saverino Trisal Ferdinandus sebagai juara kedua, dan Kadek Agus Krisna Wiranesa sebagai juara ketiga. Kategori U-16 Putri, Ni Nyoman Saskia Permata Sari sebagai juara pertama, Ni Made Rachellia Charista Ardana sebagai juara kedua, dan Ida Ayu Kanaya Tarisya Manuaba sebagai juara ketiga.

Pada kategori U-14 Putra, Moh Rediansyah Saputra duduk sebagai juara pertama, Ricky Raditya Tanaga sebagai juara kedua, dan I Putu Saitya Pradnya Tadvanam sebagai juara ketiga. Kategori U-14 Putri, Putu Harshita Deviana sebagai juara pertama, Ni Putu Aesha Nandini sebagai juara kedua, dan Putu Niki Wulandari sebagai juara ketiga.

Pada kategori U-12 Putra, M. Leehan Lucky Perdana Handoko Putro duduk sebagai juara pertama, Arden Wicaksono sebagai juara kedua, dan Miles Eli Glick sebagai juara ketiga. Kategori U-12 Putri, Ni Made Devkanya Nandita sebagai juara pertama. Ni Made Cita Cahyanti sebagai juara kedua, dan Kadek Indah Sukma Wati sebagai juara ketiga.

Baca Juga :  Bupati Tabanan menerima Audiensi IPPAT Bahas Optimalisasi Pelayanan PBB dan BPHTB

Pada kategori U-10 Putra, Timur Popov duduk sebagai juara pertama, Ahmad Nur Ilham Akbar sebagai juara kedua, dan I Made Dharma Wisesa Tadvanam sebagai juara ketiga. Kategori U-10 Putri, Ni Kadek Dinda Ayu Kiranasari sebagai juara pertama, Raphaela Angelique Nahak sebagai juara kedua, dan Ni Made Isnadewi Amrita Putri sebagai juara ketiga. (kbh7)

Related Posts