October 14, 2024
Pendidikan

Unwar Mewisuda Bupati AFU, Pemkab Raja Ampat Langsung Teken KSO dengan Pascasarjana Warmadewa

Badung-kabarbalihits

Upacara wisuda Universitas Warmadewa (Unwar) ke-75 Periode Kedua Tahun 2024 yang digelar pada Jumat (31/5) di The Westin Resort – Nusa Dua, berlangsung meriah dan penuh makna. Acara ini menjadi sangat istimewa dengan turut diwisudanya Bupati Raja Ampat, H. Abdul Faris Umlati, SE., MM. Wisuda ini tidak hanya menjadi momentum bersejarah bagi sang bupati, tetapi juga mempererat hubungan antara Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dengan Universitas Warmadewa melalui penandatanganan Kerjasama Operasional (KSO).

Penandatanganan KSO tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Raja Ampat dengan Dekan Pascasarjana Universitas Warmadewa. Kerja sama ini mencakup bidang pendidikan, penelitian, khususnya di Fakultas pascasarjana. Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari upaya mengaktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Unwar menjadi universitas swasta terbesar di Bali dengan sumber daya pengajar yang berkualitas. Kami siap memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dari Raja Ampat,” ujar Prof. Pandit. Ia juga menekankan pentingnya pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM), apalagi dengan kemajuan teknologi yang memungkinkan pendidikan dilakukan secara online, menghilangkan batasan jarak dan waktu.

Kerjasama ini meliputi beberapa ruang lingkup penting, di antaranya pelaksanaan sosialisasi dan seleksi bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, pemberian pendanaan pendidikan oleh Pemkab Raja Ampat kepada ASN yang lulus seleksi menjadi mahasiswa pascasarjana di Unwar, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan program kerjasama tersebut.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, mengapresiasi kerjasama ini yang menambah deretan panjang kolaborasi Pemkab Raja Ampat dengan berbagai universitas di Indonesia. “Kerjasama di bidang pendidikan ini memperkuat hubungan kami dengan Universitas Warmadewa yang merupakan universitas swasta paling maju di Bali. Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas SDM demi pembangunan Kabupaten Raja Ampat yang lebih maju, khususnya di bidang pariwisata,” ujar bupati yang akrab disapa AFU tersebut.

Baca Juga :  Gelar Sertifikasi Hakim Bersama Mahkamah Agung, Menteri AHY Tekankan Pentingnya Kolaborasi untuk Hadirkan Keadilan bagi Masyarakat

Ia juga mengajak masyarakat Raja Ampat untuk bergabung dan melanjutkan studi di Universitas Warmadewa, mengingat kualitas pendidikan yang ditawarkan dan peluang besar untuk kemajuan individu dan daerah.

Upacara wisuda ini tidak hanya menjadi perayaan bagi para lulusan, tetapi juga tonggak penting dalam perjalanan pendidikan di Kabupaten Raja Ampat melalui sinergi dengan Universitas Warmadewa. (kbh2)

Related Posts