October 27, 2024
Pendidikan

Yudisium Ke-25 Fakultas Pascasarjana Unwar, Lepas 132 Lulusan Program S2 dan S3, 3 Prodi Sudah Terakreditasi Unggul

Denpasar – kabarbalihits

Fakultas Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Yudisium ke-25 Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) Periode Mei 2024, Rabu (22/5). Bertempat di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, sebanyak 132 orang yudisiawan dari 8 program studi (Prodi) dilepas oleh Dekan Pascasarjana Unwar, Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati, SH.,M.Hum.

Dari jumlah tersebut, berasal dari Prodi S2 Manajemen sebanyak 65 orang, 32 orang S2 Ilmu Hukum, 15 orang S2 Ilmu Linguistik, 9 orang S2 Administrasi Publik, 3 orang S2 Kenotariatan, 2 orang S2 Rekayasa dan Infrastruktur Lingkungan, 5 orang S2 Sains Pertanian, dan 1 orang S3 Hukum.

Dekan Pascasarjana Unwar, Prof. Mahendrawati, mengatakan dari 132 orang yudisiawan yang dilepas, sebanyak 97 orang (73,48%) lulus dengan predikat cumlaude/pujian dan 32 orang (26,52%) lulus dengan predikat sangat memuaskan. “Rata-rata waktu tempuh studi tercepat selama 1 tahun 6 bulan. Hal ini menandakan bahwa proses pelaksanaan Tri Dharma khususnya pembelajaran di Fakultas Pascasarjana dengan 8 program studinya sudah berjalan sangat baik” ucapnya.

Dijelaskan Prof. Mahendrawati, capaian tersebut diperoleh tidak terlepas dari usaha dan kerja keras para yudisiawan serta didukung oleh kualitas SDM atau dosen yang sangat berkualitas dan kompeten, serta sarana-prasarana yang sangat memadai.

Diungkapkan, jumlah dosen pada 8 prodi di lingkungan Fakultas Pascasarjana Unwar sebanyak 79 orang dengan jabatan akademis 16 orang Profesor dan 63 orang Doktor. Jumlah mahasiswa aktif sampai saat ini sebanyak 595 mahasiswa. “Selain itu, seluruh Prodi yang ada telah terakresitasi. Bahkan, 3 diantaranya telah terakreditasi unggul. Yakni, Prodi S2 Manajemen, Prodi S2 Ilmu Linguistik, dan Prodi S2 Kenotariatan. Prodi lainnya telah terakreditasi Baik Sekali” pungkasnya.

Untuk menunjang kegiatan Tri Darma, lanjut Prof. Mahendrawati, beberapa kerjasama telah dilakukan, baik di tingkat nasional dan internasional. Seperti, kerjasama dengan Hankuk University Of Foreign Studies (HUFS), Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Universitat Der Bundeswehr, München Germany, dan Fakultas Hukum Universidade Da Paz Timor Leste.

Beberapa kerjasama juga dilakukan dengan mitra seperti Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT). Sedangkan, kerjasama dengan perguruan tinggi ditingkat nasional juga dilakukan. Begitu juga kerjasama pihak swasta untuk mewujudkan pemenuhan penyediaan SDM yang unggul dan profesional dengan praktek langsung dilapangan.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengapresiasi lulusan mahasiswa Fakultas Pascasarjana Unwar yang rata-rata 1,5 tahun yang didominasi dengan predikat cumlaude. Pihaknya berharap para yudisiawan ini mampu bersaing di tengah masyarakat dengan berbagai ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama kuliah di Fakultas Pascasarjana Unwar.

“Beberapa Prodi S2 telah terakreditasi unggul. Sehingga, para lulusannya telah memiliki daya saing ditingkat internasional. Apalagi, Unwar memiliki visi yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034. Tentu dalam mengimplementasikan visi tersebut, segala bentuk aktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diarahkan untuk mewujudkan visi tersebut” jelasnya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat kepada seluruh yudisiawan Fakultas Pascasarjana Unwar yang telah berhasil menyelesaikan studinya, baik pada prgram S2 maupun S3.

Diharapkan, dengan gelar magister dan doktor daya fikir dan kemampuan untuk menguasai hard skill dan soft skill harus lebih dari lulusan program sarjana (S1). “Setelah lulus, para wisudawan bisa berkontribusi untuk dirinya sendiri, keluarga, tempat kerja, juga untuk kemaslahatan orang banyak. Sebab, uji coba ilmu pengetahuan dan kemampuannya yang didapatkan selama kuliah adalah di tengah-tengah masyarakat” ungkapnya.

Baca Juga :  Dharma Wanita Persatuan Unud Adakan Rapat Rutin dan Pisah Sambut

Lulusan terbaik dalam yudisium kali ini diraih oleh Ni Nyoman Trisnayanthi, S.E.,M.M., dari Jurusan S-2 Manajemen dengan IPK. 4.00, dan waktu tempuh pendidikan selama 1 tahun 6 bulan. Dalam Yudisium ini, mahasiswa Pasca Sarjana juga memberikan sumbangan dana kepada pihak kampus yang diterima oleh Dekan Pascasarjana Unwar, untuk pengembangan pendidikan di Universitas Warmadewa. (kbh5)

Related Posts