October 14, 2024
Olahraga

Jaring Atlet Berbakat, Percasi Denpasar Gelar Seleksi Atlet Catur Senior Denpasar

Denpasar – kabarbalihits

Menjawab pertanyaan masyarakat terkait cara menjadi atlet catur, Percasi Denpasar menggelar seleksi atlet catur senior Denpasar yang terbuka bagi masyarakat umum. Seleksi ini diharapkan dapat menjaring calon atlet catur yang nantinya mewakili kota Denpasar dalam berbagai kejuaraaan catur.

Seleksi Atlet Catur Senior Denpasar season 1 dilaksanakan di Kantor Bappeda Provinsi Bali, selama 2 hari, mulai 27 hingga 28 April 2024. Kegiatan yang terbuka untuk umum ini diikuti oleh 76 peserta, yang terdiri atas 40 orang peserta kategori catur cepat dan 36 orang peserta kategori catur standar.

Menurut ketua panitia yang sekaligus Sekretaris Percasi Denpasar, Putra Sentosa, S.Kom, seleksi ini digelar terbuka untuk umum agar membuka kesempatan bagi siapa saja yang berkeinginan untuk menjadi atlet catur Kota Denpasar. Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat yang mempunyai minat menjadi atlet catur, namun belum tahu caranya.

“Pengurus Percasi Denpasar 2023-2027 telah menjawab apa yang selama ini menjadi pertanyaan masyarakat, bagaimana cara untuk menjadi atlet catur Kota Denpasar. Inilah cara kami untuk menjawab hal itu, kami sudah melaksanakan seleksi, dan ini open, dalam artian KTP Indonesia bisa ikut. Antusiasnya sungguh luar biasa, ada 40 orang di catur cepat dan 36 orang di catur standar,” kata Putra Sentosa.

Seleksi yang dilaksanakan selama 2 hari kali ini merupakan season pertama, yang akan dilanjutkan dengan seleksi season kedua. Pada season pertama ini akan dipilih 12 pecatur terbaik masing-masing kategori, yang selanjutnya akan mengikuti seleksi season kedua.

Pada season kedua, para pecatur tersebut akan meghadapi atlet catur Denpasar yang sebelumnya mewakili Denpasar pada kejuaraan Porprov. Dengan seleksi ini  diharapkan akan dapat menjaring calon atlet catur terbaik yang akan mewakili Denpasar meraih prestasi di berbagai kejuaraan.

Baca Juga :  Tingkatkan Nilai Ekonomi, Masyarakat Buleleng Didorong Daftarkan Kekayaan Intelektual

 “Ke depan kami harapkan dengan adanya seleksi ini, kami benar-benar mendapatkan bibit-bibit atlet, atau atlet-atlet yang telah lama berlatih tapi tidak tahu tempat untuk seleksi, inilah tempatnya. Semoga dengan adanya seleksi ini, kitab isa memperkuat tim catur kota Denpasar khususnya, dan Bali pada umumnya,” harap Putra Sentosa.

Pada kesempatan ini Putra Sentosa juga mengungkapkan apresiasinya bagi sejumlah stakeholder yang telah mendukung  pelaksanaan Seleksi Atlet Senior Denpasar Season 1, yaitu Bappeda Provinsi Bali dan PT Jamkrida Bali Mandara. Dirinya berharap kerjasama dengan para stakeholder tersebut akan terus berlanjut bagi kemajuan olahraga catur.

“Kami juga berterima kasih kepada stakeholder yang telah membantu kami, ada Bappeda Provinsi Bali dan juga PT Jamkrida. Semoga ke depan kerjasama kami akan tetap terus untuk kemajuan catur Denpasar,” ungkap Putra Sentosa.

Selain melaksanakan Seleksi Atlet Senior Denpasar, Percasi Denpasar saat ini juga tengah menyiapkan diri untuk sejumlah kejuaraan, diantaranya Walikota Cup ke-14 dan Kejurprov yang rencananya dilaksanakan di Tabanan.

Sebelumnya Percasi Denpasar juga sangat aktif menggelar berbagai kegiatan untuk kemajuan olahraga catur di Denpaasr, diantaranya Walikota Cup, Kejuaraan Catur Terbuka Piala Ketua Percasi Denpasar, Open Tournament  serangkaian pengurus club se-Kota Denpasar, serta seminar catur nasional yang menghadirkan GM Utut Adianto dan GM Susanto Megaranto. (kbh7)

Related Posts