October 14, 2024
Pendidikan

Wisuda Ke-36 Politeknik Negeri Bali, Pertama Kali Luluskan Program Diploma 2 Fast Track

Badung – kabarbalihits

Politeknik Negeri Bali (PNB) pertama kalinya meluluskan wisudawan dari Program Diploma 2 Fast Track (Jalur Cepat) dalam Wisuda ke-36, yang dilaksanakan di Westin Hotel Nusa Dua, pada Sabtu (20/4/2024). Dari 60 lulusan yang diwisuda kali ini, 97 persen diantaranya telah diterima bekerja sebelum lulus.

Wisuda ke-36 Politeknik Negeri Bali terdiri dari Program Studi D2 Fast Track Administrasi Perpajakan berjumlah 28 orang, D2 Fast Track Fondasi Beton dan Pengaspalan berjumlah 10 orang, D2 Fast Track Administrasi Jaringan Komputer berjumlah 10 orang, serta Program Studi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Manajemen Proyek Konstruksi berjumlah 12 orang.

Dari Total 60 wisudawan tersebut, 58 wisudawan telah bekerja sebelum diwisuda. Hanya 2 orang yang belum bekerja karena 1 orang melanjutkan pendidikan, dan 1 orang lagi terhalang kondisi kesehatan. 

Direktur Politeknik Negeri Bali,  I Nyoman Abdi, S.E., M.eCom. mengatakan data tersebut merupakan sebuah hasil yang menggembirakan, terutama bagi Program Diploma 2 Fast Track. Pada program ini, lulusan SMK bisa memperoleh gelar Diploma 2 hanya dengan waktu studi 3 semester, atau 1,5 tahun, dimana 1 semester belajar di kampus, dan 2 semester langsung praktek di Dunia Industri.

“Mudah-mudahan wisuda kali ini memberikan pengaruh positif bagi masyarakat untuk memilih Prodi D2 Fast Track. Ini program yang sebenarnya sangat bagus sekali karena ijazahnya Diploma 2 tapi kuliahnya hanya 1,5 tahun. Menurut industri, para mahasiswa D2 Fast Track ini memiliki kompetensi yang memadai untuk bekerja di industri masing-masing,” kata Nyoman Abdi.

Sementara Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Bali, A.A. Ngurah Bagus Mulawarman, S.T., M.T. mengatakan terselenggaranya Program D2 Fast Track di Politeknik Negeri Bali tidak lepas dari dukungan para mitra PNB, terutama SMK dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

“MoU sudah kita lakukan dengan SMK, nanti SMK itu sendiri yang men-suplly calon mahasiswa yang nantinya kita salurkan ke industri. Sedangkan industri juga sudah komitmen dengan kita melalui MoU. Pada saat mereka melakukan PKL di lapangan, mereka akan diterima langsung dan bisa langsung bekerja di tempat mereka. Selama ini yang sudah berjalan, semua mahasiswa kita yang kita terjunkan ke dunia industri, khususnya Program D2 Fast Track ini, sudah langsung diterima oleh dunia industri karena memiliki kompetensi yang sangat dibutuhkan industri,” jelas Ngurah Bagus Mulawarman.

Terselenggaranya Program D2 Fast Track juga mendapat sambutan positif dari Kepala SMK Teknologi Nasional, Dr. Ni Wayan Parwati Asih, S.Pd., M.Pd., C.H. yang merupakan salah satu mitra PNB. Menurut Wayan Parwati, Program D2 Fast Track merupakan alternatif yang sangat bagus bagi lulusan SMK yang ingin meningkatkan kompetensinya sesuai jurusan sebelumnya di SMK, dengan waktu studi singkat dan kesempatan langsung bekerja. Disamping itu biaya Pendidikan di Program D2 Fast Track Politeknik Negeri Bali juga relatif terjangkau.

“Biayanya sekarang sudah sangat-sangat terjangkau. Jadi itulah keunggulan dari D2 fast Track. Dan selanjutnya adalah siap kerja. Tentu ini merupakan adalah harapan dari orang tua semua, karena kita paham di sekolah kami banyak orang tua yang secara ekonomi masih terbatas. Solusinya adalah kita memilih PNB D2 Fast Track ataupun jurusan lainnya dengan biaya yang sangat terjangkau,” ungkap Wayan Parwati.

Apresiasi terhadap Program D2 Fast Track Politeknik Negeri Bali juga disampaikan oleh Kepala Kantor Konsultan Pajak Masari, Ni Made Galih Masari, SE, SH, AK, M.Si, BKP yang merupakan salah satu DUDI mitra PNB. Made Galih Masari mengatakan pihaknya telah merekrut 2 orang mahasiswa D2 fast Track PNB untuk bergabung sebagai tim kerjanya, setelah melaksanakan PKL di kantor konsultan Pajak Masari.

“Anak-anak Politeknik Negeri Bali sangat mudah kami arahkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Beberapa yang kami terima dari lulusan Politeknik Negeri Bali, outputnya sangat unggul di kantor kami,” kata Galih Masari.

Sementara salah satu lulusan Program Studi D2 Fast Track Administrasi Perpajakan, Kezia Asa Prashanty mengungkapkan kebanggaannya sebagai salah satu lulusan angkatan pertama di program studinya. Saat ini dirinya telah langsung diterima bekerja di salah satu kantor konsultan pajak.

“Bahkan sebelum saya lulus, saya sudah mendapatkan pekerjaan di salah satu kantor konsultan pajak. Program ini sangat menjembatani siswa-siswi SMK, apalagi program ini dapat dilanjutkan dengan mengikuti RPL ke Diploma 4,” ungkap Kezia.

Baca Juga :  Tiga Organisasi Lingkungan dan HAM Tantang PT DEB Buka Ijin Proyek Terminal LNG dari KLHK Kepada Publik

Selain meluluskan Program D2 Fast Track, pada wisuda kali ini PNB juga meluluskan 20 wisudawan dari Program Rekognisi Pembelajaran Lampau, yang merupakan program lanjutan bagi mereka yang ingin meningkatkan kompetensinya ke jenjang lebih tinggi, dengan pengakuan mata kuliah yang telah ditempuh pada jenjang pendidikan sebelumnya. (kbh5)

Related Posts