October 26, 2024
Daerah Ekonomi

LPD Desa Adat Nyuh Kuning Ubud Resmikan Gedung Baru

Gianyar-kabarbalihits

LPD Desa Adat Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar kini memiliki gedung baru berlantai 3 yang diresmikan pada Minggu (14/4/2024).

Gedung baru LPD Widya Artha ini diresmikan oleh Pj. Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa, diwakili oleh Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Gianyar, Alit Wirawan ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Peresmian Gedung LPD Desa Adat Nyuh Kuning juga dirangkaikan dengan prosesi Upacara Mamungkah, Ngeresi Gana, Melaspas, dan Mendem Pedagingan yang dipuput oleh Ida Pedanda dari Griya Peling Padangtegal, Ubud.

Menurut Kepala LPD Desa Adat Nyuh Kuning, Ni Ketut Karsi, Gedung baru LPD ini didirikan diatas lahan milik Desa Adat Nyuh Kuning seluas 4 are, dengan menghabiskan biaya swadaya LPD sebesar Rp 4,2 Miliar. Dimana gedung LPD ini mulai dibangun pada Februari 2023 dan rampung pada Februari 2024.

Keberadaan kantor LPD Desa Adat Nyuh Kuning dibangun berdasarkan SK Bupati Gianyar Nomor 200 Tahun 2000, dan diperkuat dengan SK Gubernur Bali Nomor 524 Tahun 2016, dengan aset awal sejumlah Rp 5 juta. Dimana sebelumnya berkantor di Bale Banjar Nyuh Kuning yang lokasinya tidak jauh dari Gedung LPD saat ini.

“berkembang sampai saat ini 23 tahun telah mampu melunasi pada gedung sebelumnya, atas seijin Krama Desa dan Jero Bendesa saat ini diijinkan menggunakan lahan plabe Desa Adat Nyuh Kuning untuk membangun kantor LPD,” kata Ni Ketut Karsi.

Dalam perkembangannya, LPD Desa Adat Nyuh Kuning saat ini telah memiliki sekitar 4000 nasabah dari warga setempat maupun warga luar Desa Adat Nyuh Kuning, dengan aset sebesar Rp 61 Miliar. Disebut keuntungan yang didapat LPD Desa Adat Nyuh Kuning mengalami peningkatan tiap tahunnya. Terdata pada tahun 2023 LPD memperoleh keuntungan mencapai Rp 1 Miliar lebih.

Dari keuntungan tersebut juga disisihkan untuk menjalani program Kegiatan Sosial yang dimiliki LPD. Sejak awal berdiri, LPD Desa Adat Nyuh Kuning telah mengembangkan konsep Tri Hita Karana, Parahyangan, Pawongan, Palemahan.

Dicontohkan, seluruh siswa yang merupakan warga dari Desa Adat Nyuh Kuning akan diberikan beasiswa, apabila melanjutkan pendidikan ke bangku SMP maupun SMA.

“untuk SMP tahun ajaran 2023-2024 besarannya per anak Rp 400 ribu, sedangkan ke SMA besarannya Rp 800 ribu per anak. Semua anak tidak terkecuali, warga Desa Adat Nyuh Kuning, ” jelasnya.

Kegiatan sosial lainnya, LPD memberikan keringanan pada warga terkait Upacara Ngaben Massal, yakni dengan memberikan dana bantuan ngaben berupa punia senilai 2 Rp Juta tiap sawo (jenazah yang disucikan). Dengan digelarnya Ngaben Massal pada tahun ini terdaftar 43 sawo, sehingga pihaknya menyerahkan punia sebesar Rp 86 Juta melalui Bendesa Adat Nyuh Kuning.

Uniknya dengan pencapaian maksimal tersebut, LPD Desa Adat Nyuh Kuning hanya memberdayakan 6 karyawan yang seluruhnya adalah karyawan perempuan.

Baca Juga :  Dipadati Ribuan Orang, BDF Sukses Hibur Masyarakat Buleleng

Sementara Bendesa Adat Nyuh Kuning, I Made Suja mengatakan, dengan diresmikannya gedung baru LPD dirangkaikan dengan prosesi Upacara Ngeresi Gana, Melaspas, dan Mendem Pedagingan, diharapkan keberadaan LPD kedepannya semakin ajeg dan terus dapat membantu perekonomian seluruh warga Desa Adat Nyuh Kuning, Ubud, terlebih saat warga mengalami kesusahan.

“LPD telah membantu dalam hal Ngaben Massal, bantuan beasiswa kepada siswa, juga bantuan lainnya kepada lansia,” ujarnya.

Berkaca dari beberapa LPD di Bali yang mengalami kebangkrutan, pihaknya berupaya menghilangkan kekhawatiran tersebut dengan meminta para nasabah atau warga setempat untuk selalu memberikan kepercayaan dan dukungan penuh terhadap lembaga keuangan milik Desa Adat ini agar semakin maju.

“karena kepercayaan yang sangat kuat maka tiyang pastikan LPD itu akan maju, intinya kepercayaan terhadap milik dari dirinya sendiri,” imbuhnya.

Acara peresmian Gedung baru LPD Desa Adat Nyuh Kuning turut dihadiri oleh Camat Ubud, Perbekel Desa Mas, BKS LPD tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kecamatan serta seluruh Kepala LPD se-Kecamatan Ubud. (kbh1)

Related Posts