October 14, 2024
Daerah

Wayan Suyasa Wacanakan Program Dana Abadi Untuk Banjar Di Badung Minimal 1 Miliar

Badung – kabarbalihits

Senantiasa hadir memenuhi undangan masyarakat dalam pelaksanaan yadnya terus dilakukan Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa, SH. Senin (8/4/2024). Politisi yang populer disapa WS ini memenuhi undangan krama Banjar Pemijian Desa Sangeh Kecamatan Abiansemal serangkaian Puncak Karya Pitra Yadnya lan Manusa Yadnya yang dilaksanakan di balai banjar tersebut.

Selain ngaturang punia Rp 15 juta wujud cihna bakti menyuksekan karya yang diikuti 10 sawa tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Badung yang juga calon kuat Bupati Badung ini juga mencetuskan ide gemilangnya, yakni perlunya pemerintah Kabupaten Badung memberikan dana abadi minimal 1 miliar per banjar untuk mendukung kegiatan pelestarian adat, budaya serta tradisi budaya sebagai penunjang pariwisata budaya.

Turut hadir mendampingi Wayan Suyasa, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Badung IGN Saskara, Tokoh masyarakat I Made Artama serta jajaran Pengurus Desa (PD) Partai Golkar Desa Sangeh.

Mengawali sambutannya dihadapan krama, Wayan Suyasa menyatakan kehadirannya pada Puncak Karya Pitra Yadnya lan Manusa Yadnya di Banjar Pemijian Desa Sangeh untuk memenuhi undangan prajuru yang disampaikan kepada dirinya selaku wakil rakyat di DPRD Badung.

“Kami berterima kasih dan berbangga diberikan kesempatan menyaksikan prosesi puncak karya yang dilakukan Krama Badung khususnya Banjar Pemijian Desa Sangeh. Ada hal yang sangat perlu kami apresiasi yakni karya ini sudah dilakukan untuk kedua kalinya dengan konsep gotong royong sagalak sagilik salunglung sabayantaka. Kemandirian krama disini pada pelaksanaan adat dan budaya lazimnya yang ada di Bali dan Badung khususnya sebagai hal yang utama,”ungkapnya.

Pelaksanan Karya Pitra yadnya dan manusia yadnya lanjut Wayan Suyasa yakni rangkain upacara lahir, hidup dan mati sebagai swadarma sehingga terlaksana upacara metatah, mapetik, pengabenan serta panyekahan atau Atma Wedana.

Baca Juga :  Buleleng Ditargetkan Jadi Kabupaten UMKM

“Krama disini sudah melaksanakan swadarma, ini hal yang sangat kami apresaisi. Dengan kebersamaan, sehingga meringankan beban masyarakat. Apa yang telah dilaksanakan panitia, prajuru dan tokoh di Banjar Pemijian sudah seharusnya agar dapat diketoktularkan di wilayah lain,”harapnya.

Tokoh asal Penarungan Mengwi ini juga mengatakan selama ini Pemkab Badung telah banyak membantu masyarakat dengan mengembalikan uang rakyat yang dikelola pemerintah kepada masyarakat melalui bantuan untuk pembangunan palemahan, pawongan dan parahyangan hal ini sudah sangat tepat dan bagus sehingga wajib dipertahankan dan dikembangkan.

“Terlepas dari program lain yang sudah memberikan kesejahteraan bagi krama Badung Mari kita gunakan agar lebih bahagia lahir Bathin. Sejahtera sudah dirasakan, bahagianya adalah krama dalam menjalankan swadarma dalam kehidupan skala niskala rahayu melalui bantuan yang bersumber dari sektor Pariwisata ini kita dapat wujudkan dengan bersyukur kepada Ida Sanghayang Widhi Wasa melalui rasa bakti sehingga aura Badung dinikmati para wisatawan. Kita yang berada di Badung Utara ini sebagai penunjang pariwisata melalui sektor pertanian dalam arti luas” paparnya.

Secara tegas Wayan Suyasa mengatakan apa yang telah dilakukan Krama Banjar Pemijian dapat menjadi suri teladan dalam pelestarian adat. Krama yang telah melaksanakan swadarma yadnya ini agar dalam pelaksanaannya semakin ringan yang sebelumnya dengan menggunakan dana swadaya maupun punia. Wayan Suyasa mewacanakan kedepan pemerintah Kabupten Badung dapat memberikan Dana Abadi minimal 1 miliar kepada masing -masing banjar. Hal ini sangat memungkin karena PAD semakin meningkat.

“Kedepan harapan saya Pemerintah Kabupaten Badung, karena adanya pendapatan yang tinggi, mari kita kembalikan kepada masyarakat agar ada Dana Abadi di masing -masing banjar minimal 1 miliar, saya yakini bisa. Karena PAD semakin meningkat, untuk kita gunakan dalam upacara pitra yadnya, manusa yadnya dan yang lainnya agar krama semakin “uleng “ngrastiti bakti ring Ida Sesuhunan sami sekaligus ngrastiti Badung mangda rahayu sareng sami,”harapnya.

Baca Juga :  205 Orang Warga Binaan Lapas Iib Singaraja Terima Remisi Di Hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia

Sementara Penglingsir Banjar Pemijian Ida Bagus Dipayana atas nama krama menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa yang juga telah ngaturang punia.

“Matur suksma majeng Pak Wayan Suyasa sepisanan pinaka calon Bupati saking Partai Golkar sampun ledang nodya karya Pitra yadnya lan manusa yadnya. Niki program pengabenan ring Banjar Pemijian sampun ping kalih kemargiang. Indik prabiya mawit saking pamilet sane kakeniang Rp 1 juta per sawa. Sane nyarengin ring galah puniki wenten 10 sawa,”tukasnya. (kbh6)

Related Posts