October 14, 2024
Pendidikan

PMM Batch 4, Penerapan Kebhinekaan Sesungguhnya di Universitas Warmadewa

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Warmadewa (Unwar) kembali menjadi tuan rumah bagi Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 tahun 2024. Dengan antusiasme yang menggebu, Unwar menyambut 36 mahasiswa dari berbagai pulau di Indonesia, menandai keberlangsungan kegiatan ini yang telah memasuki pelaksanaan keempat.

Dari jumlah tersebut, terdapat 15 mahasiswa laki-laki dan 21 mahasiswa perempuan, yang masing-masing berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Sumatra menyumbangkan 8 mahasiswa, sementara Kalimantan dan Sulawesi masing-masing menyertakan 2 dan 4 peserta. Maluku turut berkontribusi dengan 1 mahasiswa, sedangkan mayoritas, yakni 21 mahasiswa, berasal dari pulau Jawa.

PMM Batch 4 menawarkan kesempatan emas bagi mahasiswa dengan 80 mata kuliah dari 13 program studi yang berbeda. Selain itu, program ini juga menghadirkan 4 sub modul Nusantara, termasuk kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, Rektor Unwar, menyatakan mahasiswa yang datang kali ini sudah memahami dan siap bergabung untuk melaksanakan proses pembelajaran di berbagai program studi sesuai dengan pilihannya serta sudah siap untuk mengikuti proses pembelajaran di Universitas Warmadewa.

“Mahasiswa yang bergabung telah siap untuk memulai proses pembelajaran sesuai pilihan program studi masing-masing. Kami telah mempersiapkan pembelajaran melalui e-learning, memastikan bahwa seluruh aktivitas tercatat dengan baik,” ungkap rektor seusai pembukaan PMM Batch 4, senin (4/3).

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si menyatakan kehadiran mahasiswa PMM menjadi kehormatan bagi Unwar. “Pertukaran ini merupakan yang keempat di Unwar. Saya berharap mahasiswa dapat berinteraksi dengan baik dan saling bertukar pengalaman dengan budaya akademik yang beragam,” tuturnya.

Sementara itu, dalam pembukaan PMM Batch 4, para mahasiswa juga mendapatkan pembekalan modul kelompok dari para ahli di bidangnya masing-masing, menandai awal perjalanan mereka dalam meningkatkan pemahaman tentang keberagaman dan multikulturalisme, serta memperkaya pengalaman akademik mereka di Unwar. Seperti Pembekalan Modul Kelompok 1 yang diberikan oleh I Nyoman Yoga Parawangsa,S.Pi.,M.Si dan Pembekalan Modul Kelompok 2 yang diberikan oleh Dian Dharma Yanti.

Baca Juga :  Mahasiswi Sastra Inggris Universitas Udayana menjadi Official Campus Ambassador di International Model United Nations (IMUN) 2023

Dengan adanya PMM, nilai-nilai Sapta Bayu tentang keberagaman dan multikulturalisme di Unwar semakin terwujud. Kehadiran mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia diharapkan dapat memperkaya dan memperkuat keragaman budaya dan tradisi di lingkungan kampus.(kbh2)

Related Posts