October 14, 2024
Daerah

Dewan Apresiasi Diskop UMKM Berikan Subsidi Suku Bungan ke Pelaku UMKM

Badung – kabarbalihits

Kebijakan pemerintah Kabupaten Badung untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) utamanya memberikan subsidi suku bunga mendapat apresiasi anggota DPRD Badung.

Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa, Minggu (25/2) mengatakan, pelaku UMKM akan sangat terbantu dari beban suku bunga. “Karena itu, kami yakin ini mampu mempercepat bangkitnya UMKM sekaligus membawanya naik kelas,” ujar Suyasa.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini UMKM bak pepatah “hidup enggan mati tak mau”. Hal ini salah satunya karena keuntungan yang diperoleh dari usaha yang dilakukannya banyak tersedot untuk suku bunga bank. Selama ini, mayoritas pelaku UMKM mendapat suntikan permodalan dari lembaga keuangan. “Subsidi suku bunga kredit ini, kami sambut baik. Ini program cerdas untuk membuat UMKM naik kelas,” tegasnya lagi.

Selain subsidi suku bunga, Suyasa juga mengharapkan pemerintah tetap memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM. Pendampingan mulai bahan baku, proses produksi, hingga pemasaran. “Dengan pendampingan ini, pelaku UMKM juga berpeluang cepat berkembang,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi UKMP Badung Made Widiana menyatakan, pihaknya saat ini tengah menggodok program subsidi suku bunga bagi pelaku UMKM di Badung. Pertimbangannya, ujarnya, suku bunga menjadi beban bagi pelaku UMKM selama ini. Dia berharap, dengan adanya subsidi suku bunga, beban pelaku UMKM akan makin ringan sehingga usahanya bisa cepat berkembang.

“Tunggu saja, sebentar lagi akan diluncurkan,” ujarnya saat membuka Jumat Ceria Bersama UMKM di lapangan Puspem Badung beberapa waktu lalu. (kbh6)

Related Posts