October 14, 2024
Daerah

Layanan Aman dan Cepat, BPN Badung Terbitkan Sertipikat Elektronik

Badung – kabarbalihits

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Badung mulai menerbitkan sertipikat elektronik. Hal ini merupakan implementasi layanan sertipikat elektonik untuk masyarakat khususnya di Kabupaten Badung. Peresmian layanan elektronik Kantor Pertanahan Kabupaten Badung ini dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Bali Andry Novijandry Kamis (15/2/2024).

Turut hadir Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanahan Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Kementrian ATR/BPN Ketut Ari Sucahyana, Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa Camat Kuta dan Camat Kuta Selatan serta lurah dan perbekel di Kecamatan Kuta dan Kecamatan Kuta Selatan.

Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kabupaten Badung Heryanto dalam laporannya menyampaikan sampai saat ini adapun jumlah buku tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Badung sebanyak 284.406 bidang atau sudah mendekati 99 persen.

“Jumlah surat ukur 353.150 bidang atau sebesar 93 persen lebih. Sedangkan jumlah bulu tanah elektronik sudah 10 persen. Dan kita berproses terus,”ungkapnya.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali Andry Novijandry menyatakan Badung merupakan Kabupaten Lengkap. Yakni hampir seluruh wilayah Kabupaten Badung tanah masyarakat sudah bersertipikat.

Dikatakan Badung sebagai salah satu gerbang internasional harus mampu mengoptimalkan digitalisasi. Andry Novijandry juga menyampaikan Launching Sertipikat elektronik sebelumnya telah dilakukan Presiden Jokowi pada 4 Desember 2023 lalu.

“Dengan implementasi layanan sertipikat, artinya pelayanan kita sudah setingkat lebih maju. Semua permohonan – permohonan untuk sertifikasi otomatis sekarang keluarnya sertipikat elektronik,”ungkapnya.

Lantas, Andry Novijandry menyatakan akan lebih mensosialisasikan program layanan elekronik ini kepada masyarakat termasuk melalui sinergitas dengan Porkompimda. “Ini sebuah keniscayaan, dengan layaan elektronik lebih aman, lebih cepat dan murah,”paparnya.

Sementara Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dalam sambutannya menyampaikan perlu kesadaran kolektif dalam mewujufkan pelayanan optimal. Sehingga apa yang sudah dilakukam Kantor Pertanahan Kabupaten Badung dapat menjadi pemantik dalam mewujudkan pelayanan digital optimal dalam melahirkan sertipikat elektronik ini.

Baca Juga :  Sambut HUT Kota Gianyar ke 251, Mahasiswa BETA Ikuti Lomba Barista 

“Kami mendukung program layanan elektronik ini. Kami akan hubungkan data yanh ada di BPN dengan kami di jajaran Pemkab Badung diantaranya Dinas Perijinan Penanaman Modal karena berkaitan dengan investasi, Bapenda serta PUPR. Ini juga wujid sinergitas, kita tidak bisa kerja sendiri sekaeang ini,”tukasnya. (Kbh6)

Related Posts