October 14, 2024
Daerah

Polda Bali Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2023, Kepercayaan Publik Terhadap Polri Disebut Alami Peningkatan

Denpasar-kabarbalihits

Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra menyebut kepercayaan publik terhadap Polri mengalami peningkatan, berkat dukungan dari insan media dalam finalisasi kegiatan kepolisian.

Hal itu disampaikan saat digelarnya Konferensi Pers Akhir Tahun 2023, di Restoran Hongkong Garden, Denpasar, Kamis, (28/12/2023).

Disampaikan berdasarkan survey litbang Kompas dari 23-31 Oktober 2023, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri secara keseluruhan mencapai 87,8 %. Dimana pada aspek pelayanan publik meraih angka tertinggi 92,1 %, selanjutnya pada aspek menjaga kamtibmas terdata 89,6 %, dan aspek penegakan hukum memperoleh nilai 76,2 persen. Sedangkan nilai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pengaduan Polri mencapai 85,1 %.

Menurut Kapolda, capaian ini terwujud berkat program Quick Wins Presisi Tahun 2023 yang dilaksanakan dengan baik oleh personil Polri.

“melalui kegiatan ini marilah kita jadikan sebagai sarana konsolidasi dan silaturahmi bagi kita semua sehingga kedepannya, kegiatan kehumasan dan jurnalistik yang kita laksanakan dapat senantiasa bermanfaat dan mendapat respon positif dari masyarakat,” ucapnya.

Era digitalisasi pada saat ini, bagi Kapolda media massa sebagai sumber informasi memegang peranan sangat penting dalam membentuk opini dan peduli terhadap isu-isu yang berkembang, salah satunya terkait isu politik yang marak saat ini. Dalam hal ini media massa memiliki tanggung jawab moral untuk menyajikan informasi yang akurat, adil dan seimbang.

“selain menginformasikan terkait peristiwa yang terjadi, media massa yang kini turut dibentuk oleh citizen jurnalism, juga berperan dalam memberikan kritik dan masukan kepada lembaga-lembaga yang menyelenggarakan pelayanan publik, salah satunya adalah Kepolisian,” jelasnya.

Kapolda mengingatkan penting bagi awak media di Bali khususnya, untuk menjaga profesionalitas, obyektifitas, dan integritasi dalam melaksanakan bentuk peliputan maupun penyebaran informasi kepada masyarakat.

Lainnya, untuk mendukung tugas dalam memelihara kamtibmas di wilayah Bali, diperlukan pedoman kerja tepat bagi seluruh personil Polda Bali dalam melaksanakan tugas di lapangan. Oleh karenanya Kapolda Bali telah mengeluarkan 10 Commander Wish Kapolda sebagai kebijakan strategi dalam mengelola dinamika kambtibmas di wilayah Bali.

“kebijakan Commander Wish yang saya keluarkan itu tentunya tindak lanjut dari program quick wins presisi dan hasil observasi terhadap situasi masyarakat di Bali sehingga tindakan kepolisian yang dilakukan dapat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan daripada masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Ketua PMI Tabanan Dukung Persiapan Pelaksanaan Pindahnya Kantor UDD PMI Tabanan

Di dalam Commander Wish tersebut, Polda Bali memberikan perhatian terhadap dinamika masyarakat yang diberitakan melalui media massa. Hal tersebut tertuang pada salah satu poin Commander Wish Kapolda Bali Tahun 2023, yaitu media sosial (medsos) sebagai mitra yang strategis.

Kegiatan Konpres akhir tahun yang bertujuan untuk menjalin sinergitas antara Polri dan insan media ini, turut dihadiri pejabat Polda Bali beserta jajaran, Ketua KPI Bali, dan Pimpinan Redaksi Media di Bali. (kbh1)

Related Posts