October 14, 2024
Politik Sosial

Pasraman Dalem Bungkut Nata Sari “5 AY” Gelar Karya Manusa Yadnya Massal Gratis

Badung -kabarbalihits

Sungguh mulia apa yang dilaksanakan Pasraman Dalem Bungkut Nata Sari yang diinisiasi sang pendiri yakni Putu Alit Yandinata dalam membantu meringankan beban masyarakat khususnya dalam pelaksanaan upacara yadnya. Jumat 22 Desember 2023, Pasraman yang berlokasi di Markas 5 AY tepatnya di Banjar Batan Buah Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani Kecamatan Abiansemal ini melaksanakan Karya Manusa Yadnya massal tanpa memungut biaya kepada peserta alias gratis.

Ada hal menarik dalam rangkaian kegiatan yadnya tersebut pada Kamis 21 Desember 2023 seusai pelaksanaan pecaruan resigana dan ngekeb dilaksanakan sesolahan beberapa wali /tarian termasuk  kolaboras tari Nyilendi Rarung Ayu.

Bahkan, pendiri Pasraman Dalem Bungkut Nata Sari Putu Alit Yandinata atau populer disapa 5 AY ikut ngayah dengan membawakan tari Naris dan Jauk Manis. Turut hadir beberapa tokoh partai politik di Kabupaten Badung diantaranya Ketua DPD Partai Golkar Badung I Wayan Suyasa dan Ketua DPC Partai Gerindra Badung I Wayan Disel Astawa serta Caleg PDI Perjuangan Dapil Badung I Wayan Bawa.

Pendiri Pasrman Dalem Bungkut Nata Sari, Putu Alit Yandinata mengatakan pelaksanaan karya manusa yadnya secara massal tanpa dipungut biaya ini, merupakan komitmen dirinya bersama pengurus dalam meringankan beban krama.

“Pelaksanaan yadnya secara tulus ihklas ini merupakan hasi pemikiran kami bersama pengurus,”ucapnya.

Alit Yandinata yang juga Anggota DPRD Badung ini mengatakan meski berlokasi di Kabupaten Badung, namun peserta dalam karya yadnya ini juga diikuti peserta dari luar Kabupaten Badung yakni Tabanan dan Jembrana.

“Adapun karya manusa yadnya yang kami laksanakan diantaranya metelubulan, mepetik, Metutug kelih (rajaswala lan  rajasinga, Mepandes (upacara potong gigi),”paparnya.

Baca Juga :  Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Adat Mengwi, Bupati Serahkan Bantuan Kepada Pedagang Terdampak

Alit Yandinata yang akrab disapa 5 AY dengan spirit perjuangan “saling gisi”  kembali menegaskan kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap 2 tahun. Bahkan kedepan pihaknya juga akan melaksanakan upacara Memukur Massal gratis yang dapat diikuti masyarkat umum.

Ditanya terkait dirinya yang ikut ngayah  membawakan tari Baris dan Jauk Manis, Putu Alit Yandinata yang didampingi Penasihat Pasraman Ketut Puja Antara, SE dan I Made Buda Yasa, SH selaku ketua Panitia karya, hal ini sebagai upaya pelestarian seni budaya.

“Kebetulan saya juga menekuni seni tari, jadi saya juga ingin memberikan contoh generasi muda sebagai generasi penerus untuk ikut melestarikan seni budaya, sebagai warisan budaya leluhur,”paparnya.

Hadirnya beberapa tokoh dalam pelaksanan karya yadnya ini, Alit Yandinata  menyampaikan terima kasih karena tokoh yang telah hadir tersebut  telah ikut memberikan doa restu untuk kelancaran karya yadnya ini.

“Kami sampaikan terima kasih kepada para undangan termasuk tokoh politik khususnya di Kabupaten Badung yang yelah hadir memberikan doa restunya untuk kelancaran upacara yadnya ini,”tukasnya.

Sebagai informasi adapun peserta dalam karya manusa yadnya yang diselenggarakan Pasraman Dalem Bungkut Nata Sari yakni mapetik 6 orang dan mepandes sebanyak 26 orang. Kbh6.

Related Posts