October 27, 2024
Daerah Politik

Sementara KPU RI Tidak Temukan Kendala Dalam Distribusi Logistik Pemilu 2024

Denpasar-kabarbalihits

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyatakan sementara tidak menemukan kendala terkait proses distribusi logistik Pemilu 2024. Dikarenakan selama ini KPU RI telah memetakan proses pendistribusian dengan baik sejak setahun lalu, yang dikoordinasikan dengan TNI Polri.

“dalam situasi itu KPU memetakan daerah tujuan TPS yang masuk kategori terjauh, terpencil, tersulit, terluar. KPU sejak awal tahun lalu koordinasi dengan Kepolisian, TNI untuk meminta dukungan baik itu personil, moda transportasi atau alat-alat yang lain untuk mendistribusikan logistik pemilu yang sudah di packing dalam bentuk kotak-kotak suara menuju TPS, sampai saat ini aman,” jelas Hasyim Asy’ari saat meninjau Gudang Logistik KPU Denpasar, Rabu malam (13/12/2023).

Dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024, KPU juga berkoordinasi dengan Kementrian Dalam Negeri yang diteruskan ke Pemerintah Daerah (Pemda), KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota yang juga dikoordinasikan kembali dengan Pemda setempat untuk memberi dukungan dalam rangka distribusi logistik sampai ke TPS.

Termasuk dalam distribusi logistik pemilu ke luar negeri, KPU telah mencetak surat suara untuk melayani 1.750.000 warga ke panitia pemilihan luar negeri (PPLN) dengan mengutamakan jenis surat suara Presiden dan DPR RI.

“untuk cetak surat suara pemilu di luar negeri yang melayani sekitar 1.750.000 warga kita itu sudah dicetak semua, dilipat, sudah dikirimkan ke 128 PPLN di luar negeri. Yang diutamakan kloter pertama pengiriman PPLN yang jaraknya jauh, kemudian gelombang kedua yang jaraknya terjangkau dekat dengan Indonesia,” terangnya.

Baca Juga :  Kolaborasi Tangani Stunting, PJ Bupati Buleleng Terima Kunjungan Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali

Terkait dengan merebaknya virus Covid-19 dalam sepekan terakhir di beberapa negara, dan mengalami lonjakan di Indonesia, KPU telah mengelola anggaran Pemilu dalam situasi Covid. Namun demikian penggunaan anggaran dikatakan tergantung situasi kedaruratan. Diharapkan situasi ini tidak menjadi wabah pandemi seperti tahun sebelumnya. (kbh1)

Related Posts