October 14, 2024
Pendidikan

Prodi Ilmu Hukum FH Unwar Terakreditasi Unggul

Denpasar-kabarbalihits

Program Studi Sarjana (S1) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa (FH Unwar) berhasil meraih akreditasi Unggul. Capaian tersebut dikukuhkan dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 5109/SK/BAN-PT/ Ak.KP/S/XII/2023.

Dekan FH Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, S.H., M.H., didampingi Wakil Dekan I, Dr.I Nyoman Gede Sugiartha, SH.,MH, Wakil Dekan II, A. A. Sagung Laksmi Dewi, SH., MH, dan Wakil Dekan III, I Made Minggu Widyantara, SH.,MH mengatakan bahwa bahwa akreditasi tersebut turun per tanggal 5 Desember 2023 dan akan berlaku sampai dengan 11 September 2024 yang akan datang.

“Astungkara, puji syukur kita karena diberkati oleh Tuhan bahwa Prodi S1 Ilmu Hukum Unwar meraih akreditasi Unggul. Jadi, sebelumnya akreditasi kami sebenarnya sudah A, tetapi seiring diterapkan ketentuan baru dengan kriteria sembilan, kami melakukan konversi melalui e-PEPA dan setelah berproses akhirnya berhasil meraih akreditasi Unggul,” katanya.

Menurutnya, akreditasi Unggul yang diraihnya menjadi modal penting dalam meningkatkan mutu institusi ke depan. Pihaknya akan terus mengupayakan penyempurnaan-penyempurnaan, baik berupa pemutakhiran kurikulum dan penjaminan mutu yang lain seperti peningkatan indeks lulus tepat waktu, IPK, dan memperpendek waktu tunggu lulusan untuk masuk ke dunia kerja.

“Unwar dalam lima-empat tahun ke depan juga bervisi untuk go global di tingkat ASEAN. Maka daripada itu, segala aktivitas kerja sama internasional terus kami dorong setidaknya di level ASEAN dan akan lebih jauh akan lebih bagus lagi kerja samanya dikembangkan ke tingkat internasinal. Kegiatan dalam kerja sama, joint research, visiting profesor, guest lecture ditingkatkan. Itu akan kami lakukan. Ke depan prodi akan melakukan kegiatan tersebut,” jelas dia.

Baca Juga :  Perluas Jejaring Kerjasama Riset, Universitas Udayana Gelar Seminar Strategi dan Peluang Pendanaan Kerjasama Riset Internasional

Sementara itu, Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. Gde Suranaya Pandit, M.P., mengucapkan selamat dan apresiasi atas capaian akreditasi terbaru Prodi S1 Ilmu Hukum Unwar. Akreditasi tersebut juga diharapkan akan membawa vibrasi dan dampak yang luar biasa khususnya bagi civitas akademika Ilmu Hukum. Raihan akreditasi tersebut juga diharapkan dapat menjadi semangat bagi prodi-prodi lain untuk untuk mencapai akreditasi Unggul.

“Akreditasi Unggul ini jadi kebanggaan, menjadi semangat khususnya bagi beberapa prodi lain di Unwar untuk berbuat yang sama, untuk semangat yang sama, dalam melaksanakan aktivitas peningkatan mutu. Paling tidak melampaui standar perguruan tinggi di Dikti. Dengan pelampauan ini diharapkan ke depan dapat mencapai akreditasi internasional, sehingga mutu Unwar semakin baik,” kata dia.(kbh2)

Related Posts